Kapolda dan Pangdam Memantau Kesiapan Pilkada Jatim di Madura

0
TURBA: Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Pj Bupati Pamekasan Fatayasin, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman di Mapolres Pamekasan.

PAMEKASAN-kadenews.com: Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin bersama Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pamekasan, Sabtu (23/06/2018).

Kunjungan ini untuk memantau persiapan dan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan berlangsung secara serentak di Jawa Timur, 27 Juni mendatang.

Kedatangan kedua jenderal berbintang dua di Pamekasan, juga untuk melakukan tatap muka secara langsung dengan sejumlah perwira TNI/Polri yang dilakukan secara tertutup di gedung Bhayangkara Mapolres Pamekasan.

Tampak hadir dalam acara itu, Danrem 084/ Bhaskara jaya, Dandim dan Kapolres jajaran semadura, Pj Bupati Pamekasan, Ketua KPU, Ketua Panwaslu, Tokoh masyarakat dan para ulama se-Madura.

Selesai acara, dalam konfrensi persnya Kapolda Jatim mengatakan kedatangannya untuk mengecek kesiapan dari anggota dan penyelenggara pemilu, termasuk juga pendistribusian logistik.

“Kunjungan kami dalam rangka kesiapan yang telah dilakukan menghadapi pemilukada serentak yang akan diselenggarakan tanggal 27 Juni 2018,” katanya.

Lebih lanjut Kapolda mengatakan, keterlibatan ulama dalam pilkada kali ini sangatlah dibutuhkan demi menjaga dan terciptanya kondusivitas wilayah khususnya di Madura.

“Para ulama sudah sepakat untuk membantu menciptakan kondusivitas wilayah, dan itu menjadi komitmen kita bersama,” ujar Irjen Pol Machfud Arifin.

Menurutnya pengamanan menghadapi pelaksanaan pilkada di Madura, Polda Jatim akan melakukan penebalan yang akan dibantu dari Brimob maupun TNI dengan penambahan sekitar 400-800 personel.

Selain itu, ia meminta masyarakat agar tidak meragukan netralitas TNI/Polri dalam pilkada dan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pelaksanaan pilkada 2018 mendatang.

“Saya berharap masyarakat untuk dapat memilih pemimpin yang betul-betul dapat memajukan wilayah kerjanya dan cocok bagi masyarakat, baik gubernur maupun bupati,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pada pilkada serentak mendatang, selain memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, masyarakat Madura khususnya Pamekasan, Sampang dan Bangkalan juga akan memilih Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan untuk periode 2018-2023. (bw/ian)