APBD Belum Disahkan, Proyek ‘Siluman’ Mulai Bermunculan.

0
Salah satu proyek 'siluman' di Kecamatan Sukowono (foto: kik/kadenews)

JEMBER – kadenews.com: Sejumlah proyek bangunan mulai dikerjakan di beberapa titik lokasi di Jember. Bahkan ada beberapa proyek yang sudah selesai dikerjakan meski pengesahan APBD Jember masih dalam proses pengesahan di provinsi. Tidak jelas menggunakan anggaran mana yang digunakan dalam pembangunan sejumlah proyek tersebut.

Salah satunya proyek pembangunan plengsengan di daerah Kramat desa Sukosari kecamatan Sukowono. Proyek sepanjang kurang lebih 100 meter disepanjang jalan kabupaten di lokasi tersebut kini sedang dalam proses pengerjaan, bahkan sebagian sudah selesai. Tidak jelas siapa pemborong yang mengerjakan proyek tersebut sebab tidak munculnya papan nama proyek.

Menurut pengakuan Imam, salah seorang sumber yang berhasil ditemui di lokasi proyek tersebut menyebutkan, proses pembangunannya sudah dilaksanakan sekitar seminggu yang lalu. ” Sudah hampir seminggu proyek tersebut dibangun. Tapi saya tidak tahu siapa yang mengerjakan mas,” ujarnya, Minggu (8/4/2018).

Banyaknya pengerjaan proyek termasuk di daerah Kramat desa Sukosari tersebut diakui Siswono salah seorang anggota DPRD Jember tidak boleh dikerjakan sebab APBD tahun 2018 ini masih belum selesai didok. Namun tidak menutup kemungkinan proyek tersebut masuk pengerjaan dari provinsi.

” Harus dipastikan dulu proyek milik siapa itu, jika milik Kabupaten tidak boleh dikerjakan dulu sebab APBD nya belum selesai, namun jika itu milik provinsi tidak menjadi soal,” tegasnya. (kik)