Gawat, Sehari 9 Ekor Sapi Warga Ranuyoso Digondol Maling

0
DILEPAS DI KEBUN TEBU: Salah satu sapi milik warga yang berhasil ditemukan. (ist)

LUMAJANG-Kadenews.com: Para peternak sapi di Lumajang harus tetap waspada. Sebab aksi pencurian sapi masih marak. Dalam sehari ada sembilan sapi warga di Kecamatan Ranuyoso yang digondol maling.

Sembilan ekor sapi itu dicuri dalam waktu dan di tiga lokasi berbeda. Rinciannya 5 ekor terjadi di Desa Penawungan dan 4 ekor di Desa Ranuyoso Kecamatan Ranuyoso.

Warga yang melakukan pengejaran hanya bisa menemukan dua ekor sapi. Sedangkan 7 ekor sapi lainnya tak ditemukan.

Kejadian pencurian pada Selasa (3/4/2018) sasarannya 4 ekor sapi di kandang  milik Basuki (52) warga Desa Ranuyoso. Korban lainnya, Sa’ir (33) warga Desa Penawungan, Kecamatan Ranuyoso 2 ekor sapinya  raib, dan Nayari (55) warga Dusun Krajan, Desa Penawungan 3 ekor sapinya digondol maling.

“Saya baru tahu kalau ketiga sapi saya sudah tidak ada. Sberusaha mencari dengan dibantu warga, akhirnya satu ekor ketemukan di tengah kebun. Mungkin sengaja dilepas karena masih kecil,” ujar Nayari.

Menurutnya, di tempat lainnya juga terjadi pencurian 2 ekor sapi.“Rumahnya Said, di kampung sebelah, 2 sapi juga hilang,” ucap Nayari.

Kapolsek Ranuyoso AKP Ahmad Sutiyo  mengatakan, pihaknya saat ini telah melakukan olah TKP.

“Data yang masuk ke kami ada tiga TKP, Dusun Curah Windu dan Dusun Krajan II Desa Penawungan juga di Dusun Krajan Desa Ranuyoso. Jumlah sapi yang dicuri ada sembilan ekor, yang dua sudah ditemukan,” katanya. Pihaknya saat ini terus melakukan penyelidikan kejadian ini.

Selain kejadian di Ranuyoso,  di Desa Nogosari Kecamatan Rowokangkung, Informasi yang dihimpun ada  2 ekor sapi milik Nurhapi juga raib digondol maling. (fat/01)