Top BUMD Awards 2021

Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang Borong Empat Penghargaan

0
PRESTASI: Para penerima penghargaan Top BUMD Award 2021 di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (10/9/2021).

JAKARTA-KADENEWS.COM: Kerja keras Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang membuahkan hasil. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) meraih penghargaan TOP BUMD Awards 2021.

Penghargaan yang diselenggarakan oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN) berlangsung di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (10/9/2021).

Kegiatan TOP BUMD Awards ini, diselenggarakan setiap tahun, sejak tahun 2016. Untuk memenuhi protokol kesehatan, acara penghargaan yang dihadiri 600 peserta termasuk kepala daerah dan top manajemen BUMD Indonesia ini, dibagi dalam 2 sesi, sore dan malam.

Tema dalam TOP BUMD Awards 2021 ini adalah “Membangun Kinerja dan Layanan BUMD tetap Produktif di masa Pandemi Covid-19”. Ada beberapa BUMD hebat yang meraih penghargaan tertinggi, yakni TOP BUMD level Bintang 5, sekaligus meraih penghargaan paling bergengsi, yakni TOP of The TOP BUMD 2021.

Di antaranya adalah Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, PDAM Tirta Bhagasasi, Perumda Air Minum Apa’ Mening Kabupaten Malinau.

Lima katagori top yang diperoleh Perumda Tirta Kanjuruhan di antaranya ;
1. 5 TOP of the TOP BUMD 2021.
2. TOP Pembina BUMD 2021 Bupati Malang Drs. HM Sanusi MM.
3. TOP BUMD Awards 2021. BUMD Perumda Air Minum.
4. TOP CEO BUMD 2021 Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Syamsul Hadi, S.Sos. MM.

Kepastian empat penghargaan bergengsi melalui Surat No. 12/TOP BUMD/ TOP BISNIS/ VII/ 2021 yang dikirim penyelenggara TOP BUMD Award s bersama Institut Otonomi Daerah dan TOP Businis.

Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan Syamsul Hadi. S.Sos.MM mengatakan keberhasilan tersebut merupakan buah dari kerja keras dan kerja sama seluruh pegawai perumda, serta dukungan semua pihak yang terkait lainnya. “Termasuk komitmen dari Bupati Malang Drs HM Sanusi MM memberikan dukungan dan permodalan kepada Perumda Tirta Kanjuruhan Malang,” tegas Dirut Syamsul Hadi.

Selain itu, BUMD yang mendapat penghargaanpenghargaan TOP BUMD Awards 2021 antara lain, Bank Jateng, Bank Jatim Tbk, BPR Bank Bapas 69 Kab. Magelang, BPR Bank Sleman, PT Agro Jabar,  RSUD Iskak Tulungagung dan   beberapa BUMD terbaik lainnya.

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2021 M Lutfi Handayani, memaparkan bahwa TOP BUMD Awards adalah kegiatan pembelajaran dan pemberian penghargaan BUMD yang tertinggi di Indonesia, yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik.

Kriteria penilaian meliputi : (1) baik, (2 ) banyak melakukan perbaikan/inovasi perbaikan, dan telah (3) berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, (4) Memiliki Strategi dan inovasi di masa Pandemi Covid-19 agar bisnis tetap tumbuh berkelanjutan.

TOP BUMD Awards 2021 ini diikuti oleh 182 BUMD dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia. “Pesertanya meningkat 12%, dibanding tahun 2020 sebanyak 163 BUMD. Dari jumlah tersebut, sebanyak 172 BUMD yang mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk wawancara penjurian, atau meningkat sebesar 44% dari tahun 2020,” ujarnya. (sam/ian)