Bersyukur Jember Bebas Zona Merah Covid-19

0
359
views
Bupati Jember Hendy Siswanto

JEMBER -KADENEWS.COM:
Bupati Jember Hendy Siswanto bersyukur berbagai upaya yang dilaksanakan oleh Pemkab Jember dalam menangani pandemi Covid-19, membuahkan hasil. Buktinya kini wilayahnya bebas dari zona merah.

Hal itu disampaikan Bupati Hendy kepada kepada Gubernur Khofifah saat Rapat Koordinasi  tentang Evaluasi Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Hotel Lotus, Rabu (1/9/2021).

Rakor ini diikuti oleh Bupati Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso dan Lumajang secara luring, dan diikuti oleh seluruh Kepala Daerah lainnya di Jawa Timur secara daring.

Hendy  menjelaskan upaya itu termasuk vaksinasi melalui berbagai vaksin yang dilkakukan Pemkab Jember maupun berbagai instansi lainnya baik negeri maupun swasta.

“Cara kami dalam PPKM level 3 ini menerapkan penanganan sektor hulu berbasis RT/RW. Pada tahap pertama dilakukan di tiga kecamatan yang kasusnya tertinggi, rata-rata penempatannya di daerah kota, ” jelas Bupati Hendy.

Dijelaskan lebih lanjut, PPKM Berbasis RT/RW yaitu petugas turun ke rumah-rumah untuk melakukan swab kepada warga yang memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19. Untuk itu, setiap Ketua RT/RW wajib mendata warganya yang terpapar Covid-19.

“Jika hasil swab dinyatakan positif Covid-19, tenaga kesehatan akan menentukan apakah isolasi mandiri. Keluarga dari pasien yang sedang diisolasi akan diberikan beras dan lingkungannya akan disemprot disinfektan, ” terangnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa  meminta agar seluruh Bupati Walikota untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan tidak melonggarkan protokol kesehatan.

Berdasarkan data dari Satgas Covid Nasional, jumlah Kabupaten Kota di Jatim berhasil turun level. Hal ini menunjukkan keberhasilan penanganan dan pengendalian Covid-19.

“Jangan nanti level 3 itu kemudian diikuti euforia. Nah ini harus tetap dalam kewaspadaan dan disiplin protokol kesehatan yang tetap ketat. Hingga sekarang level 3 bisa turun level 2, bisa turun level 1, yang sekarang orange, bisa kuning, ” jelas Khofifah.

Rakor tersebut dihadiri Panglima Daerah Militer V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Wakapolda Jawa Timur (Jatim), Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, Plh Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Heru Tjahjono, perwakilan Kepala OPD Pemprov Jatim.

Turut Hadir Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Berlaman, forkopimda dan beberapa pimpinan OPD Kabupaten Jember. (wk/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here