Vaksinasi Covid-19, Kalangan Remaja Pamekasan Berjalan Sukses

0
HORMATI GURU: Para pelajar sudah mengikuti proses belajar tatap muka.

PAMEKASAN – KADENEWS.COM : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk membentuk herd immunity (kekebalan kelompok), termasuk untuk kalangan remaja.

Vaksinasi Covid 19, bagi remaja khusus pelajar dimulai mereka berusia 12 sampai 19 tahun, seiring berjalannya kegiatan proses belajar mengajar tatap muka. Tentu, kegiatan itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus serta menjaga kesehatan bersama.

“Untuk anak SMA sudah dilaksanakan, SMAN 2 sudah (vaksin Covid-19, red), dan beberapa SMA lain. Kalau jumlahnya saya tidak tahu, tetapi sekarang sudah berjalan,” kata Achmad Marsuki, Pelaksana Tugas (PlT) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Ia menjelaskan, sasaran vaksinasi Covid-19 dilaksanakan secara bertahap, mulai tenaga kesehatan (nakes) pada tahap pertama. Kemudian pelayan publik seperti TNI dan Polri, pegawai negeri serta vaksinasi untuk usia lanjut, serta vaksinasi untuk usia remaja yang di dalamnya terdiri anak sekolah.

Pihaknya tidak bosan-bosan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi Covid-19 guna mencegah penyebaran virus mematikan itu dengan melakukan sosialisasi, termasuk sosialisasi melalui media sosial (medsos) yang saat ini cukup efektif.

“Yang pasti kita tetap lakukan edukasi, tidak pernah bosan melakukan penyuluhan kepada masyarakat. Yang paling efektif lewat media sosial, masyarakat harus tahu kalau divaksin itu gunanya apa. Kalau mereka tidak memahami akan merasa tidak penting,” ucapnya. (pras/ian)