Paslon Tretan Dhibik dengan Kursi Terbanyak

0
DAFTAR: Pasangan Cabup Rofik dan Cawabup Nurulhuda menyerahkan berkas pendaftaran ke Ketua KPU. ( Foto: kadenews.com)

LUMAJANG-kadenews.com: Pasangan calon (paslong Bupati dan Wakil Bupati Lumajang H. Rofik dan Ir. Nurul Huda maju di Pilbup Lumajang 2018 diusung 5 partai politik memuluskan niatnya merebut kursi Bupati Lumajang.

Paslon dengan slogan Tretan Dhibik (dulur dewe)  ini partai pengusungnya memiliki jumlah kursi terbanyak dibanding paslon yang lain.

Rinciannya, Demokrat 6 kursi, PPP 2 kursi, Golkar 5 kursi, Nasdem 5 kursi, PKS 3 kursi.

Jumlah kursi partai pengusung Rofiq dan Nurul Huda melebihi syarat minimal suara dukungan di Pilbup Lumajang.

Seperti diketahui, koalisi partai minimal harus mempunyai 10 kursi agar bisa mengusung paslon.
Total partai pengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang ini memiliki jumlah kursi terbanyak yakni 21 kursi.

“Alhamdulillah pendaftaran saya sudah diterima KPU. Semua tidak ada masalah dan dinyatakan lengkap,”ujar H. Rofik. Rabu malam (10/1/2018).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang Siti Mudawiyah SE memastikan syarat pencalonan dan syarat calon yan diajukan pasangan H. Rofik sudah lengkap.

“Kami akan meneliti berkas semua pasangan bakal calon yang sudah mendaftar, nanti ada waktu untuk perbaikan tanggal 18-20 Januari,” ujarnya.

Dengan begitu, Pilbup Lumajang hanya diikuti 3 paslon. Satu pasangan mendaftar lebih dulu yakni H. Thoriqul Haq dan Indah Amperawati diusung oleh dua partai politik yakni Gerindra, PKB, dan Perindo.

Thoriqul ini warga Desa Sukosari, Kecamatan Kunir yang kini jadi anggota FKB DPRD Jatim.  Sedangkan Indah ini mantan pejabat Pemkab Lumajang yang juga adik kandung Bupati Lumajang sebelumnya almarhum Sjarazad Masdar.

Dan di hari terakhir pendaftaran diikuti dua pasangan yakni paslon petahana As’at Malik MAg bersama H. Torik yang diusung PDIP, PAN, dan Hanura baru mendaftar sore kemarin.

As’at ini mantan guru SMA yang meneruskan jabatan almarhum Sjarazad Masdar sebagai Bupati Lumajang. Sedangkan, Torik ini dari PAN yang juga pengusaha yang memiliki PT Adil.

Dan pada malam hari sekitar pukul 20.00 WIB, pasangan H. Rofik yang juga anggota DPRD Jatim dari PPP dan Nurul Huda mantan pejabat Pemkab Lumajang ini diusung 5 partai politik yakni Demokrat, PPP, Golkar, Nasdem, dan PKS. (fat)