Bupati Pamekasan Apresiasi Kelurahan Barkot Jemput Bola Pengurusan Kependudukan

0
120
views
Bupati Baddrut Tamam didampingi Sekdakab Toto Hartono dan Camat Pamekasan Rahmad Hidayat, menyaksikan MoU pengurusan administrasi kependudukan, Kepala Disduk Capil Pamekasan, Achmad Faisol dengan Lurah Barurambat Kota, Akh. Dhofir Rasidi

PAMEKASAN – KADENEWS.COM : Pemerintah Kelurahan Barurambat Kota (Barkot) Kecamatan/Kabupaten Pamekasan menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil), untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan kepada warganya.

Lurah Barurambat Kota, Akh. Dhofir Rasidi mengatakan, pihaknya melakukan pelayanan dengan jemput bola untuk administrasi kependudukan bagi warganya. Seperti kartu keluarga (KK), akta kelahiran, dan akta kematian, dalam memberikan fasilitas layanan yang gampang.

Sebelumnya, warga Kelurahan Barkot harus datang  ke kantor Disduk Capil dengan sejumlah persyaratan, dan melalui  beberapa loket. Lewat program ini warga cukup di rumah saja.  Administrasi kependudukan akan diurus pihak kelurahan tanpa dipungut biaya.

“Misalnya akta kematian, setiap ada orang yang meninggal, kami datang ke rumah duka untuk ta’ziyah. Kami terbitkan surat kematian dan menguruskan persyaratannya. Begitu juga akta kelahiran, kami akan datang ke rumahnya sambil melihat anak yang baru lahir tersebut, kemudian kami juga akan minta persyaratannya,” terangnya.

Program ini dilatarbelakangi rendahnya kesadaran masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan.Selain itu, keinginan untuk membantu warga yang sedang berduka melalui tupoksinya sebagai aparatur sipil negara (ASN).

“Setelah akta kematian itu selesai di Disduk Capil, kami ambil dan diantarkan ke rumah warga langsung akta kematian tersebut berikut KK yang baru. Layanan ini kami ingin membantu dan memudahkan masyarakat,” tandasnya.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengapresiasi program mulia tersebut yang tentu melalui pemikiran panjang di tingkat keluharan. Mulai kondisi sosialnya, hingga beberapa kemungkinan dari program itu.

“Semoga program ini bisa menginspirasi kepada yang lain. Tentu program ini sudah melalui diskusi panjang terhadap beberapa kemungkinan. Saya sampaikan terimakasih kepada Pak Lurah dan seluruh jajarannya,” tutur Mas Tamam, panggilan akrab Bupati Pamekasan. (pras/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here