Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Hadapi Persaingan Global

Presiden Jokowi Lantik 700 Perwira Remaja TNI dan Polri

0

JAKARTA-KADENEWS.COM: Presiden Joko Widodo mengatakan persaingan dunia yang semakin ketat, kekuatan bangsa yang sangat sentral adalah kesatuan dan persatuan. Bangsa Indonesia tidak mungkin memenangkan kompetisi global jika tidak ada sinergi yang kokoh di dalam negerinya. Keberagaman sosial dan budaya juga harus dimanfaatkan sebagai kekuatan dan sumber inspirasi.

Hal ini disampaikan Jokowi selaku inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2021  di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut, presiden melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 700 orang dari matra TNI dan Kepolisian.

Pengambilan sumpah tersebut secara simbolis diwakili oleh empat perwira menurut agama yang dianut. Para perwira yang dilantik oleh Presiden itu terdiri atas lulusan Akademi Militer 227 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut l 101 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara  91 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian 281 orang.

Upacara Praspa berlangsung khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebagian besar dari para perwira tersebut mengikuti jalannya prosesi acara melalui konferensi video di masing-masing akademi angkatan dan kepolisian.

Presiden juga mengingatkan bahwa tanggung jawab para perwira remaja TNI-Polri sangatlah besar. Para perwira tersebut harus terus melindungi Pancasila dari gempuran gelombang ideologi dari luar. Para perwira juga dituntut untuk menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menjaga toleransi terhadap perbedaan antaranak bangsa, dan menjaga persatuan dalam keragaman Indonesia.

Presiden mengucapkan selamat kepada para perwira remaja lulusan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian yang baru dilantik. “Perjalanan para perwira remaja untuk mengabdi kepada bangsa, negara, dan rakyat Indonesia baru saja dimulai,” ujar Jokowi mengingatkan. (sam/ian)