Bantuan Renovasi Rumah Korban Gempa Rp 10 Juta hingga Rp 50 Juta

0
PANEN RAYA: Presiden Jokowi didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Bupati Malang HM Sanusi melihat ikan tuna raksasa yang dipamerkan di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

MALANG – KADENEWS.COM: Kepedulian Presiden Jokowi terhadap korban gempa ditunjukkan dengan memberi bantuan kepada warga yang rumahnya rusak di Kabupaten Malang pada Kamis (29 /4/2021).

Gempa berkekuatan 6,1 SR pada Sabtu (10/4/2021) sekitar pukul 14.00 WIB itu menyebabkan 1.716 rumah 32 dari 33 kecamatan di Kabupaten Malang rusak mulai dari ringan hingga berat. Rumah yang rusak berat akan mendapat bantuan renovasi Rp 50 juta. “Rusak sedang Rp 25 juta, dan ringan dibantu Rp 10 juta,” kata Jokowi di Desa Majangtengah Kecamatan Dampit Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Untuk pembangunan fasilitas umum, mantan Gubernur DKI Jaya ini memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Kita harapkan, nanti bisa segera dilaksanakan rekonstruksi. Untuk fasilitas umum, akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR,” ujarnya didampingi Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Malang, HM Sanusi.

PEDULI BENCANA: Jokowi saat mengunjungi korban gempa di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit.

Menurut Jokowi, pembangunan pasca gempa ini bisa dilakukan serentak bulan Mei 2012. “Kita ingin kehidupan bisa normal kembali,” harap Jokowi.

Fasilitas umum yang rusak akibat gempa 641 unit, terdiri dari 226 sekolah, 233 tempat ibadah, 23 unit fasilitas kesehatan, dan 159 bangunan lainnya. Bencana ini merenggut empat korban jiwa dan 110 menderita luka-luka.

GAYENG: Presiden Jokowi berdialog dengan petani di Desa Kanigoro.

Sebelum meninjau korban gempa, Presiden Jokowi melakukan panen raya di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Mantan wali kota Solo itu juga sempat berdialog dengan para petani di gubuk tengah sawahPara petani di desa tersebut meraih hasil panen rata-rata 8 ton per hektar. (sam/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here