Kerja Sama Dinas Perikanan dengan LPPNU Kota Pasuruan

Petambak Kota Pasuruan Diajari Budidaya Bandeng Jelak

0
INTENSIFIKASI: Kepala Dinas Perikanan Imam Subakti dan Ketua LP2NU Ahmad Zainurrifan saat melepas bibit ikan bandeng.

PASURUAN-KADENEWS.COM: Dinas Perikanan Kota Pasuruan bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) kota setempat melakukan pelatihan kepada petani tambak.

Pelatihan diadakan di kantor Dinas Perikanan Jl Ir Juanda dan penebaran benih bandeng di tambak demplot Dusun Jelak, Desa Blandongan Kota Pasuruan, Kamis (29/4/2021).

Menurut Kepala Dinas Perikanan Imam Subakti dua kegiatan ini dimaksudkan untuk mengedukasi kepada petani tambak tentang cara untuk budidaya ikan bandeng.

“Karena bandeng Jelak itu sudah banyak dikenal sehingga akan terus dikembangkan. Makanya kita mengajak masyarakat agar melakukan budidaya bandeng dengan intensifikasi,” katanya.

Ditambahkan oleh Imam, budidaya intensifikasi di lahan demplot Dinas Perikanan, supaya petani bisa melihat keberhasilan intensifikasi budidaya bandeng.

“Kalau masih melakukan budidaya dengan tradisional. Hasilnya tidak bisa optimal. Makanya nanti kami ajari langsung petani di lahan demplot Dinas. Bagaimana cara merawatnya, cara memberi pakan,” jelas Imam.

Menurut Imam, sistem intensifikasi ini dimulai dari sebelum tebar bibit sudah dilakukan perawatan. Kebutuhan pakan dipenuhi. Tidak hanya mengandalkan makan alami, tetapi diberi pakan pabrik sehari dua kali.

“Kalau diberi tambahan pakan pabrik sehari dua kali hasil pasti menghasilkan keuntungan yang besar. Karena bandeng Jelak ini sudah dikenal enak dan nilai ekonomis tinggi,” pungkasnya. (aza/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here