Pasuruan Dijuluki Kota Seribu Lubang

0
JALAN SEMPIT: Penggalian jaringan gas yang menggangu pengguna jalan.

PASURUAN-KADENEWS.COM: Kota Pasuruan ada julukan baru sebagai Kota seribu lubang. Pasalnya, ada ribuan lubang yang digali di beberapa tempat di Kota Pasuruan.

Hasil pengamatan di lapangan beberapa daerah seperti daerah Krampyangan, Lecari, Patimuan dan beberapa daerah lainnya banyak galian.

Menurut Agus, warga Krampyangan, galian pipa gas itu gawur. Karena penggaliannya tidak memperhatikan keamanan pengguna jalan utama.

“Mereka langsung menggali di kanan kiri jalan. Kalau kanan kiri digali, kan jalannya jadi sempit. Bisa membahayakan pengguna jalan,” ujarnya.

Belum lagi sisa galian, lanjut Agus, ditimbun begitu saja. Dan tidak cepat diangkut. Kalau penggalian sudah selesai, lubang galian tidak dikembalikan seperti sedia kala.

“Gundukan tanahnya tidak langsung dibersihkan. Kondisi ini sangat membahayakan keselamatan, dan  juga merusak keindahan,” paparnya.

Semestinya, kata Jimin, warga lainnya, bekas galian tanah tersebut langsung di angkut. Tetapi kenyataannya masih menumpuk berhari-hari di sekitar lokasi.

“Jangan berdalih proyek strategis nasional. Lantas mengabaikan keselamatan dan keindahan kota,” imbuh Jimin.

Menyikapi hal galian jaringan gas, Walikota Pasuruan Gus Ipul, menyatakan meminta kepada pelaksana proyek untuk memperhatikan keamanan dan keselamatan pengguna jalan.

“Ayo rek tulisen. Penggalian jaringan gas tidak boleh mengabaikan keselamatan dan keamanan pengguna jalan. Harus segera menutup lubang galian,” kata Gus Ipul. (aza/ian)