Tingkatkan Keterampilan, Mahasiswa Uniska Magang di Kantor ATR / BPN Kota Kediri

0
PIMPINAN: Kepala Kantor ATR/BPN Kota Kediri, Susilawati, Pembantu Rektor IV Uniska, H. Khayatudin, SH, M.Hum, Dekan Fakultas Teknik, Riska Nurtantyo Sarbini, ST, MT, Dekan Fakultas Hukum, Dr. Zainal Arifin, S.S., M.Pd.I, M.H.

KEDIRI-KADENEWS.COM: Untuk menyiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja, Universitas Islam Kadiri (Uniska) menjalin kerja sama dengan Kantor Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Kota Kediri lewat program Magang 2021.

Sebagai simbol dan wujud kerja sama, sebanyak 20 mahasiswa Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik Uniska Kediri menerima rompi di Aula Kantor ATR/ BPN,  Senin (4/4/2021). Para mahaiswa itu akan magang selama tiga bulan di kantor ATR/ BPN setempat.

Menurut Kepala Kantor ATR/BPN Kota Kediri, Susilawati, 20 mahasiswa itu akan ditempatkan di semua bagian secara bergiliran. “Mereka kami beri pengetahuan tentang berbagai hal, mulai penyelesaian sengketa tanah, hingga pendataan dan sertifikasi tanah,” kata Susilawati.

Sementara Pembantu Rektor IV Uniska H. Khayatudin, MH, M.Hum mengaku sangat bangga anak didiknya bisa diterima magang di Kantor ATR/BPN Kota Kediri. Dengan terjun langsung pada dunia kerja, mahasiswa akan mengetahui bagaimana budaya kerja di kantor tersebut.

“Ini merupakan kebanggan yang luar biasa dan baru pertama mahasiswa magang di kantor Pertanahan,” kata Khayatudin.

Lewat program ini, kata Khayatudin, para mahasiswa bisa membangun etika kerja dan menyesuaikan diri dengan dunia kerja. “Setelah magang di kantor ATR/BPN,  kami harapkan semakin meningkatkan daya saing lulusan Uniska di dunia kerja,” ujarnya.

Albar, salah satu mahasiswa yang magang memberi testimoni . Dia mengaku mendapatkan ilmu yang sangat berguna. Seperti mengetahui bagaimana mekanisme pelayanan, administrasi ATR/BPN dan beberapa pekerjaan lain yang sesuai dengan disiplin ilmu peserta magang. “Saya dua minggu magang di BPN ini, mendapat pengalaman yang luar biasa,” ujar Albar.

Sementara itu, Dekan Fak Hukum Uniska Dr. Zainal Arifin, S.S., M.Pd.I, M.H mengatakan, magang mahasiswa harus dilakukan agar ilmu yang didapat di bangku kuliah bisa diterapkan di lapangan. Melalui magang ini, mahasiswa bisa mengukur seberapa skill dan kemampuan yang diperlukan sebelum terjun di dunia kerja.

“Saya kira magang seperti ini sangat baik dan berguna bagi mahasiswa, kampus maupun pihak Kantor ATR/ BPN,” ujar Zainal Arifin, doktor ilmu Hukum alumni Universitas Brawijaya 2017 itu. (nal/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here