Mancing, Dapat Granat Manas

0

LUMAJANG-KADENEWS.COM: Kalau memancing, pasti pulang membawa ikan. Beda dengan Intan warga Kelurahan Jogoyudan Kecamatan Lumajang ini. Ia memancing di sungai Kaliasem malah mendapatkan granat nanas.

 

Keruan saja, penemuan granat di Kaliasem Gambiran RT 01 RW 09 Kelurahan Rogotrunan Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Senin (29/3/2021) lalu membuat heboh warga sekitar. Karena, granat itu diduga masih aktif.

Granat yang ditemukan itu, kemudian diserahkan kepada aparat kepolisian untuk diamankan.

“Granat yang ditemukan warga 1 buah jenis nanas tanpa pengupil, detonator dan pengunci granat,” ujar Paur Subbag Humas Polres Lumajang Ipda Andreas Shinta, Selasa (30/3/2021).

Dijelaskan, awalnya Intan warga Kelurahan Jogoyudan memancing di sungai Kaliasem, kurang lebih 100 meter sebelum Dam Gambiran. Saat itu, ia melihat granat di bebatuan di tengah sungai yang tidak ada airnya. “Warga langsung melaporkan penemuan granat itu  ke  kepolisian,” ujar Shinta.

Menindaklanjuti laporan itu warga,  Sabhara Polres Lumajang mendatangi ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi granat tersebut. Barang temuan itu dibawa ke lapangan tembak Klakah Polsek Klakah. Granat diletakan di pasir dalam ember agar tidak terguncang saat di perjalanan.

“Saat ini 1 buah granat jenis nanas masih disimpan yang aman, sambil menunggu Tim pengurai dari Gegana Polda Jatim,” jelas Shinta.

Ia menduga granat nanas itu sisa zaman dahulu.”Diduga granat tersebut sisa zaman dahulu milik TNI dan diduga masih aktif,” ujarnya. (fat/ian)