Ustad Maaher At-Thuwailibi Meninggal di Rutan Bareskrim

0
ALMARHUM: Ustad Maaher At-Thuwailibi alias Soni Eranata. Foto: istimewa

JAKARTA – KADENEWS.COM: Ustad Maaher At-Thuwailibi alias Soni Eranata meninggal dunia di Rutan Bareskrim Polri, Senin (8/2/2021) pukul 19.00 WIB.
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan Ustad Maaher meninggal karena sakit. “Benar karena sakit,” ujarnya di Jakarta, Senin (8/2/2021).

Setelah meninggal, jenazah Utad Maaher dipindahkan ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Istri Ustad Maaher, Iqlima Ayu, menyebut, suaminya mengidap gangguan usus yang kambuh karena tidak mengonsumsi obat secara rutin.

Ustad yang pernah berseteru dengan artis Nikita Mirzani ini ditahan dalam kasus kasus ujaran kebencian di Twitter @ustadzmaaher_ .

Ia ditetapkan sebagai tersangka karena kasus dugaan penghinaan terhadap ulama kharismatik Nahdlatul Ulama (NU) Habib Luthfi bin Yahya. Akibat perbuatannya, polisi menjerat Ustad Maaher dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Mantan Sektretaris Bantuan Hukum DPP Fornt Pembela Islam/FPI Aziz Yanuar membenarkan Ustaz Maher meninggal dunia di Rutan Mabes Polri. “Semoga husnul khotimah, dan mendapatkan pahala syahid. Kami khawatir habaib dan ulama kami,” ujarnya.

Sebelumnya Ustad Maaher dikabarkan sakit keras disampaikan oleh pegiat media sosial Denny Siregar. Lewat akun Twitter @Dennysiregar7, ia mengunggah foto Maaher yang menangis.
“Dengar-dengar Maaher lagi sakit keras. Entah kenapa sesudah nonton video dia nangis, gua terenyuh juga. Ternyata hatinya Rinto,” kicau Denny, Jumat (22/1/2021).

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono ketika itu mengatakan, Maaher dirawat di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.
Kuasa hukum Ustad Maaher, Djudju Purwantoro sempat mengajukan permohonan kepada penyidik Dit Tipidsiber Bareskrim Polri untuk merujuk kliennya ke RS Ummi Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/1) siang. Namun permohonan itu tak dikabulkan oleh penyidik.

Sebelum ditangkap karena dugaan menghina Habib Luthfi, Ustad Maaher berseteru dengan presenter Nikita Mirzani di media sosial dan viral.
Perseteruan itu berawal saat Nikita menyebut istilah ‘habib’ sebagai tukang obat di Instagram story-nya. Ustad Maaher tak terima dan menuduh Nikita menghina Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab.

Ia mengunggah video protesnya ke media sosial menuntut Nikita meminta maaf. “Kepadamu, hei, bab* betina, lonte oplosan penjual selangkangan, saya imbau! Jika tak minta maaf 1×24 jam dan klarifikasi secara terbuka, saya bersama 800 laskar pembela ulama akan mengepung rumah kau!” ancamnya. (bbs/ian)