Bupati Pamekasan Baddrut Tamam Minta Perkuat SDM APIP

0
APIP : Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, saat memberi pengarahan di depan pimpinan OPD.

PAMEKASAN- KADENEWS.COM : Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam memberikan arahan rapat koodinasi (Rakor) pengawasan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP).

Kegiatan berlangsung di Pringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati Pamekasan, Rabu (3/2). Hadir Sekdakab, Ir. Totok Hartono, M.A, Staf Ahli bupati, Asisten sekda, dan Kepala Inspektorat Pamekasan, Moh Alwi, S.Sos, M.Si.

Bupati Baddrut menyampaikan, pentingnya pengawasan. Karena pengawasan penyelenggeraan pemerintahan daerah yang dilaksanakan oleh APIP harus berdasarkan kompetensi yang dimiliki. Yakni, terkait dengan pelaksanaan pengawasan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah sesuai fungsi dan kewenangannya serta sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Pengawasan harus dilaksanakan berdasarkan prinsip profesional, independent, objektif, akuntable, tidak tumpang tindih antar APIP, dan berorientasi pada perbaikan dan peringatan dini,” tandasnya

Mantan anggota DPRD Jawa Timur itu juga meminta agar APIP melakukan pendampingan di OPD mulai perencanaan, sehingga kesalahan dalam pelaksanaan dapat diminimalisir.

Untuk itu, sumber daya manusia APIP juga diperkuat sehingga mampu memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan di lingkungan Pemkab Pamekasan. “Semoga ke depan Pamekasan akan lebih baik lagi,” harapnya. (pras/ian/ADV)