Kesulitan Air Bersih, Warga Karangduren Cari ke Sungai

0
HARUS BELI: Warga Desa Karangduren mengantre membeli air bersih. (Foto: usamah/ kadenews.com)

MALANG-KADENEWS.COM: Sebanyak 230 KK di RW 05 Dusun Pidek, Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang kesulitan memperoleh air bersih.

Wilayah ini kebutuhan air bersih dilayani oleh Himpunan Pemakai Air Minum (Hipam) Tirta Sari. Namun sekarang ini aliran air tersebut mati karena terjadi kerusakan pada mesin penyedot airnya.

Akhirnya warga setempat untuk memperoleh air bersih dan mandi harus mencari ke sungai. Selain itu, ada juga warga harus merogoh koceknya membeli air.

Tokoh masyarakat setempat, Romli sangat berharap PU Cipta Karya atau Perumda Tirta Kanjuruhan memberikan droping air ke desanya.  “Kami sudah menyampaikan keluhan masyarakat yang kesulitan air,” ujar warga RT 01 RW 05 itu.

Terkait kondisi kekurangan air bersih tersebut, Humas Perumda Tirta Kanjuruhan, Wahyu Poernomo mengatakan, setelah dilakukan pengecekan di Desa Karangduren itu pelayanan air bersih dilayani Hipam bukan Perumda Tirta Kanjuruan.

“Terkait cakupan pelayanan air bersih harus dikomunikasi dengan masyarakat dan Perumda yang memetakan area yang membutuhan pelayanan. Karena di wilayah tersebut  sudah dikelola Hipam, untuk merealisasi air bersih harus bekerja sama dengan Hipam,”  jelasnya. (sam/ian)