Banser Perlu Dilatih Senjata untuk Kompcad

0
MEMOTIVASI: Moeldoko saat memberikan materi pada Kursus Banser Pimpinan (Susbanpim) di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Senin (24/02/2020).

PASURUAN – KADENEWS.COM:
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jendral Purn. Moeldoko rekomendasikan agar Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU menjadi komponen cadangan (Kompcad). Sebab, secara struktur keorganisasiannya sudah terbangun.

Pernyataan itu  disampaikan Moeldoko, saat memberikan materi pada Kursus Banser Pimpinan (Susbanpim) di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Senin (24/02/2020).

Ditambahkan, di samping struktur yang telah terbangun, Banser NU telah teruji, memiliki dedikasi, serta nasionalisme tinggi.

Menurutnya, jika dipersiapkan mulai awal, pastinya akan lebih mudah bagi Banser untuk masuk ke dalam komponen cadangan atau pasukan pertahanan sipil nasional.

“Selain kedisiplinan yang melatih secara fisik dan mental. Banser perlu diajarkan ketrampilan, seperti gunakan senjata,” sambungnya.

Bila diputuskan sebagai komponen cadangan, ia menilai, Banser bakal siap saat diperlukan, mempertahankan kedaulatan NKRI. “Jadi saya sangat setuju Banser bisa jadi Kompcad,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan, Banser selalu siap membela kedaulatan NKRI. Bahkan Banser selama ini telah menunjukkan peran sosial dan sikap kebangsaannya di tengah masyarakat.

“Sebelum adanya UU tentang Kompcad yang digagas oleh Kementerian Pertahanan, sedari dulu Banser sudah selalu siap sebagai kompcad,” katanya.

Moeldoko yang istrinya asal Pandaan ini mengatakan uniform ada, memiliki integritas, dan nasionalisme tinggi. (aza/ian)