Pemprov Jatim Tertarik Tiru Humas Reaksi Cepat Provinsi Sulsel

0
397
views
STUDI TIRU: Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sulawesi Selatan Devy Khaddafi, SE (kiri) dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jatim Aries Agung Paewai, S.STP, MM (dua dari kiri) didampingi Arief Lukman Hakim.

SULSEL-KADENEWS.COM: Humas Reaksi Cepat dan Humas Ekspo yang diterapkan di Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menarik perhatian Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jatim Aries Agung Paewai, S.STP, MM.

“Kita bisa meniru dari mana saja program-program bagus yang belum ada di organisasi kita. Artinya provinsi besar seperti Jawa Timur bisa saja meniru program yang dilaksanakan provinsi yang lebih kecil seperti Sulawesi Selatan,” ujar Aries Agung Paewai saat melakukan studi tiru di Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (14/1).

TUKAR CENDERAMATA: Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sulawesi Selatan Devy Khaddafi, SE dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jatim Aries Agung Paewai, S.STP, MM (kanan).

Menurutnya ada beberapa program bagus Humas Sulsel yang bisa diterapkan di Jatim. Yaitu Humas Reaksi Cepat yang berfungsi untuk menangani isu-isu yang memerlukan klarifikasi dari OPD (organisasi perangkat daerah) menangani.

Caranya dengan melatih salah satu staf OPD agar memahami permasalahan kehumasan.

Humas Reaksi Cepat beranggotakan seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) termasuk BUMD.

Program lainnya adalah penyelenggaraan Humas Ekspo. Program tersebut bertujuan untuk menunjukkan hasil kerja kehumasan yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota. Tempatnya bisa di mall-mall agar dilihat oleh banyak orang.

Menurut Aries, sangatlah keliru apabila ada yang berpendapat studi tiru ke daerah lain hanya membuang-buang anggaran.

Dicontohkannya, Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel saat ini telah mengalami banyak perubahan. Seperti adanya ruang untuk menerima tamu yang didesain sedemikian rupa sehingga sambil menunggu, para tamu bisa leluasa memilih informasi bidang-bidang yang diperlukan.

“Dan hal tersebut bisa dilihat langsung dan nantinya bisa kita terapkan,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sulawesi Selatan Devy Khaddafi, SE mengatakan saat ini pihaknya sedang berbenah untuk mengikuti cara kerja gubernur Sulsel terpilih, pasangan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman, yang saat ini sedang mewujudkan visi dan misi sesuai janji kampanyenya di 100 hari kepemimpinan.

Untuk itu Kepala Biro yang biasa dipanggil Devo itu terus memperbaiki kinerja agar dapat mengekspose kerja pimpinan sesuai keinginan.

Program barunya antara lain Humas Reaksi Cepat, agar lebih cepat menanggapi isu yang ramai dibicarakan orang dan memerlukan pembenaran, coffee morning dengan wartawan Pokja Pemprov. Sulsel setiap 2 minggu sekali, Humas Ekspo untuk memberikan apresiasi dan melihat hasil kerja Humas kabupaten/kota. (ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here