Anggota Kodim 0821 Lumajang Periksa Kesehatan

0
UKUR TENSI: Sejumlah personel Kodim 0821 dan ASN menjalani pemeriksaan kesehatan. (Foto: fat/ Kadenews ..com)

LUMAJANG-KADENEWS.COM: Anggota Kodim 0821 dan aparatur sipil negara (ASN) melakukan pemeriksaan kesehatan.

 

Pemeriksaan dilakukan di Aula Raden Wijaya Kodim 0821, Jalan Alun alun Utara Nomor 9 Lumajang, Selasa (13/11/2018).

Kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang.

Perwira Seksi Logistik Kapten Inf Khoirul Anam mengatakan pemeriksaan kesehatan ini untuk mendeteksi secara dini kondisi kesehatan prajurit dan ASN Kodim 0821.

“Pemeriksanan kesehatan secara rutin sangat penting. Mengingat akhir-akhir ini banyak sekali program dan kegiatan yang harus dilakukan, sehingga menyita waktu dan pikiran yang menyebabkan kurang kontrol terhadap kondisi kesehatan,” tambahnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat membantu menjaga kondisi kesehatan prajurit dan ASN Kodim 0821 sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas sehari-hari.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang Agus Hari Widodo, SKM. Mkes menambahkan bahwa dalam pelaksanaan pemeriksaan kesehatan ini dititikberatkan pada pemeriksaan secara dini penyakit tidak menular (PTM).

“PTM secara umum diakibatkan oleh perilaku orang itu sendiri, seperti pola makan yang tidak teratur, kurang istirahat, kurang gerak atau kurang olah raga, dan asap rokok,” jelasnya.

Agus mencontohkan  PTM yang sering di derita oleh kebanyakan orang antara lain hipertensi, kolesterol dan gula darah.

“Pencegahan PTM sangatlah mudah yaitu dengan rutin memeriksakan kesehatan, beraktifvitas secara rutin, olah raga teratur, pola makan sehat, hindari asap rokok, dan istirahat yang cukup,” terangnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan proses pemeriksaan di antaranya adalah pemeriksaan fisik prajurit dan ASN, tensi darah, pemeriksaan urine, gula darah dan pemeriksaan kolesterol.(fat/ian)