Indah Kalalo Kagumi Green and Recycle Fashion Week 2018

0
SEMARAK: Para peserta kategori umum saat tampil di atas cat walk. (Foto: Urip Limartono Aris/kadenews.com)

BANYUWANGI-kadenews. com : Upaya Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menanggulangi masalah sampah dengan menggelar event Green and Recycle Fashion Week, mendapat apresiasi dari artis dan model nasional, Indah Kalalo. Decak kagum juga terucap dari bibir model cantik yang kini tinggal di Denpasar, Bali.

Kehadirannya pada pelaksanaan lomba fashion daur ulang, Sabtu (24/3) malam di Pantai Cacalan, Banyuwangi itu merupakan pelajaran baru baginya. Bahkan Indah terkejut, ternyata sampah bisa disulap menjadi busana yang cukup indah.

“Terus terang saya kagum, ternyata designer Banyuwangi mampu menyulap sampah menjadi busana yang sangat indah. Saya sendiri belum pernah memanfaatkan sampah untuk busana. Tapi ini bisa dicoba,” tutur Indah.

Bahkan Indah menyambut baik upaya pihak pemerintah untuk menanggulangi membludaknya sampah dengan memanfaatkannya menjadi barang seni.
Sementara Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menyatakan, pelaksanaan Green and Recycle Fashion Week 2018 merupakan salah satu upaya pihak pemerintah dalam penanggulangan masalah sampah.

“Kalau saat ini dunia lagi giat-giatnya kampanye anti plastik, kami di Banyuwangi sudah sejak 4 tahun yang lalu melaksanakannya melalui kegiatan ini,” kata orang nomor satu di Banyuwangi itu.

Pengikutsertaan anak-anak Paud, TK dan SD dalam kegiatan ini, tambah Bupati Anas, bukan semata-mata mengeksploitasi mereka. Dilibatkannya anak-anak, sebagai upaya untuk mengenalkan rasa peduli terhadap kebersihan.

“Kami ikutsertakan anak-anak di sini, dalam upaya untuk merangsang kepedulian anak-anak pada penanggulangan sampah. Kalau kepedulian pada sampah diajarkan di kelas, mereka akan bosan. Tapi kalau melalui ajang seperti ini, mereka nggak akan bosan. Bahkan mereka sangat menikmati,” tandasnya.

Perlu diketahui, pelaksanaan di Pantai Cacalan merupakan babak grand final. Sebanyak 60 finalis dari 5 kategori tampil dalam suasana dingin Pantai Cacalan.

Sebelumnya, Jumat (23/3) sore dilaksanakan babak penyisihan di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup. Sebanyak 200 peserta lebih ikut dalam babak penyisihan itu. (rip/har/01)