Gelar Raker, Ikabu Lamongan akan Dirikan BMT

0
131
views
PERTAMA KALI: Raker Ikabu Lamongan (Ikatan Alumni ponpes Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang) di Villa Puncak, Pacet, Mojokerto.

LAMONGAN-KADENEWS.COM:
Ikabu Lamongan (Ikatan Alumni ponpes Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang) menggelar rapat kerja pertama dan salah satu keputusannya, bahwa Ikabula akan segera mendirikan BMT (Baitul Maal Wattamwil) untuk kepentingan anggota dan masyarakat.

Rapat kerja yang diikuti 60 dari pengurus Ikabula periode 2021-2026 dan perwakilan (komisariat) dari 24 kecamatan di Lamongan itu berlangsung selama dua hari, yaitu pada Sabtu dan Ahad (11-12/9/2021) di Villa Puncak, Pacet, Mojokerto.

DIRIKAN BMT: Ketua Ikabu Pusat KH Taufiq Djalil (kanan) mengajak alumni seluruh Indonesia bersinergi mendirikan BMT.

Raker yang mengusung tema “Kepemimpinan Santri Mengabdi Untuk NKRI” itu dihadiri langsung oleh Ketua Pusat Ikabu, KH. Taufiq Djalil. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa santri harus tetap tawadlu’ kepada guru di manapun berada. Sebab itu adalah modal keberkahan.

Selanjutnya, beliau menceritakan pola metode dakwah yang dilakukan oleh KH. Wahab Hasbullah, pendiri Pondok Pesantren Bahrul Ulum. “Mbah Wahab itu kalau berdakwah selalu dengan menggunakan strategi sesuai keadaan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, ketua Ikabu pusat menyampaikan pentingnya membangun kekuatan ekonomi secara berjama’ah. Dalam hal ini, ia menginginkan untuk membangun BMT sebagai sinergi antar Ikabu di seluruh Indonesia.

“Ikabu merupakan kekuatan dari alumni bagi almamater, sehingga harus mampu menjadi penggerak dalam berdakwah di masyarakat di manapun. Oleh karenanya, dalam raker kali ini harus menghasilkan program kegiatan yang dapat menyasar ke seluruh anggota,” ujarnya.

NOSTALGIA SANTRI: Para peserta raker sangat antusias menikmati makan bersama ala pesantren sekaligus untuk bernostalgia.

Ketua Ikabu Lamongan, Drs KH. Anshori NH mengingatkan bahwa untuk menopang agar kegiatan Ikabu Lamongan bisa maksimal, maka kekuatan ekonomi organisasi harus diperkuat dengan cara mendirikan BMT sebagai kekuatan ekonomi bersama.

“Alhamdulillah, rapat kerja berjalan sukses dan lancar. Terima kasih atas partisipasi dan support dari semua pihak. Semoga menjadi amal jariyah kita semua,” ujar Kiai Anshori didampingi sekretaris Ikabula Drs H Khoirul Anwar MM.

Rapat kerja Ikabu Lamongan berlangsung semarak dan menyenangkan. Antusiasme peserta sangat besar karena dengan niat silaturrahim dan pengabdian kepada almamater pesantren.

Panitia juga cukup kreatif dalam memgemas raker. Mereka tidak hanya menyiapkan acara resmi tapi juga acara santai lainnya. Mulai dari makan bersama layaknya di pesantren, senam bersama, berenang, outbound dan lainnya. (bjr/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here