148 Travel di Jawa Timur Siap Layani Jemaah Umrah

0
161
views
APRESIASI KEMENAG: Pengurus FK Patuh Jawa Timur memberikan apresiasi dan berkoordinasi dengan Kemenag Jatim. (Dari kiri) Mas Amiruddin (bendahara), M Nurul Huda (Plt Kepala Kanwil Kemenag Jatim), Ahmad Bajuri (Ketua) dan Rachmat Wicaksono (sekretaris).

SURABAYA – KADENEWS.COM:  Perusahaan penyelenggara haji dan umrah di Jawa Timur mengalami perkembangan yang sangat pesat. Selama pandemi covid-19, jumlahnya bertambah 50% menjadi 148 travel. Mereka sedang melakukan persiapan untuk melayani pendaftaran haji dan umrah pada musim umrah 1443 H/ 2021.

Ketua FK Patuh (Forum Komunikasi Pengusaha Travel Umrah dan Haji) Jawa Timur H Ahmad Bajuri mengatakan bahwa pertambahan jumlah travel ini memberikan pengaruh positif bagi masyarakat. “Semakin banyak travel resmi, semakin banyak pilihan. Tentu saja akan pelayanan akan semakin baik,” ujarnya.

Menurut Bajuri, sebelum umrah ditutup oleh Arab Saudi pada 27 Februari 2019, jumlah travel haji dan umrah di Jawa Timur belum mencapai 100 perusahaan. “Kinerja Kementerian Agama patut diapresiasi. Dengan adanya inovasi dan regulasi perijinan yang lebih mudah, maka mendorong masyarakat mempunyai travel berizin resmi,” tandas direktur utama PT Bakkah Travel ini.

Peluang pasar umrah di Indonesia sebesar 900 ribuan pertahun dan jemaah asal Jawa Timur memang cukup besar. Menurut catatan FK Patuh, jumlah jemaah umrah di Jatim adalah nomor 2 terbesar setelah Jawa Barat. “Banyaknya jemaah ini memamg harus diimbangi dengan banyaknya travel umrah berijin agar masyarakat tidak menjadi korban penipuan,” kata Bajuri.

Untuk itu, lanjut Bajuri, tugas kemenag menjadi lebih berat karena harus melakukan pembinaan dan pengawasan kepada travel yang sudah berijin. “Kami siap menjadi partner Kemenag untuk menjaga kualitas pelayanan terhadap jemaah, sekaligus untuk menjalin silaturrahim antar pengusaha haji dan umrah,” ujarnya.

Bajuri menegaskan, bahwa FK Patuh ini adalah perkumpulan yang independen dan lintas asosiasi, sehingga lebih jernih dalam menilai serta menyelesaikan sebuah persoalan. “FK Patuh ini rumahnya travel haji umrah tanpa memandang asosiasi. Oleh karena itu, bagi travel yang belum bergabung agar segera mendaftarkan diri menjadi anggota,” ucap Bajuri.

Untuk menyatukan visi dan misi, FK Patuh akan menyelenggarakan diskusi persiapan umrah tahun 1443 dan pemantapan FK Patuh dengan mengundang Direktur Pembinaan Umrah dan Haji Khusus Ditjen PHU Kemenag RI Dr H Nur Arifin SAg, MAg pada Selasa (31/8/2021). “Kalau kita bersatu, usaha kita menjadi berkah, manfaat dan bisa saling membantu,” ujarnya. (ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here