Bupati H. Hendy Siswanto Sanggup Bantu Urus Izin Pengusaha Tambang Galian C ke Jakarta

0
TEROBOSAN : Bupati H Hendy dan para pengusaha tambang galian C dalam forum. Rapat Koordinasi di pendopo Jember.

JEMBER-KADENEWS.COM: Bupati Jember H. Hendy Siswanto
mengungkapkan pihaknya bersedia membantu menyurus izin para pengusaha pertambangan galian C sampai ke Jakarta.

Sekarang kan pengurusannya langsung ke pusat, ke Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Manusia). Nanti kita bantu, dan saya bawa sendiri ke Jakarta untuk yang mengajukan izin,” kata Bupati Hendy usai kegiatan rapat koordinasi para pengusaha tambang, Kamis (17/6/2021)

Hendy mengatakan, koordinasi yang baik ini merupakan langkah awal dan konkret tentang rencana Pemkab Jember dalam waktu dekat, yang akan memulai proses proyek-proyek pembangunan di Jember.

Sekarang pengurusannya langsung ke pusat, ke Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Manusia). Nanti kita bantu, dan saya bawa sendiri ke Jakarta untuk yang mengajukan izin,” kata Bupati Hendy usai kegiatan.

Hendy mengatakan, koordinasi yang baik ini merupakan langkah awal dan konkret tentang rencana Pemkab Jember dalam waktu dekat, yang akan memulai proses proyek-proyek pembangunan di Jember.

Bupati Jember Hendy Siswanto berjanji membantu pengurusan izin operasional usaha tambang bahan galian C di wilayahnya.

Janji itu disampaikan bupati saat dirinya bersama Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) menemui dan melakukan rapat koordinasi (rakor) bersama 40 pengusaha tambang berizin di Kabupaten Jember, di Pendapa Wahyawibawagraha, Kamis (17/6/2021)

“Hari ini kita undang teman-teman pengusaha di bidang pertambangan khususnya galian C, karena sebentar lagi bulan ini, atau bulan depan proyek pembangunan di Jember segera dimulai,” ujarnya.

Terkait adanya upaya percepatan pelaksanaan proyek itu, diawali dengan membantu soal perizinan. Kata Hendy, karena untuk menggarap proyek dibutuhkan bahan-bahan baku yang didapat dari galian tipe C.

“Sehingga kita saling koordinasi, dan penggarapan proyek ini agar berjalan lancar. Selain itu, koordinasi ini penting agar diketahui persoalan-persoalan apa yang mengganjal di kalangan kontraktor atau pelaku proyek. Untuk saling kita bantu dan koordinasikan,” tandasnya.

Dalam pertemuan itu, Bupati Jember Hendy tidak semua pengusaha tambang diajak rapat. Karena masih banyak pengusaha tambang belum berizin.

Diketahui untuk saat ini, izin operasional tambang bahan galian C tidak lagi diurus lewat Provinsi Jatim melainkan ke pusat, Kementerian ESDM. (wk/ian)