2021, Bupati Malang Janjikan Gaji Guru Honorer Rp 2 Juta

0
SIMBOLIS: Bupati Malang HM Sanusi menyerah replika kunci kontak mobil operasional PGRI Kabupaten Malang. (Foto-foto: Usamah/ kadenews.com)

MALANG-KADENEWS: Bupati Malang Drs HM Sanusi, MM berjanji akan menaikkan gaji guru honorer menjadi Rp 2 juta per bulan pada 2021.

“Samakan gaji guru honorer dengan dinas lainnya. Masa gaji guru honorer hanya Rp 500 ribu tiap bulan, dinas lain bisa menggaji Rp 2 juta lebih. Pada 2021 nanti Insyaallah kami (Pemkab Malang, red) upayakan untuk dinaikkan hingga Rp 2 juta,” ujar Sanusi.

DAPAT HADIAH: Guru termuda dan tertua menerima doorprize.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Sanusi usai membuka Konferensi Kabupaten (Konkab) PGRI Kabupaten Malang, di Gedung PGRI Kabupaten Malang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Sabtu (19/09/2020).

Bupati yang juga mantan guru Madrasah Aliyah ini menawarkan kepada guru yang mengajarnya jauh dari rumahnya segera mengajukan permintaan mutasi. “Saya perintahkan ke Pak Kadis (Pendidikan, red) untuk mengajukan sebelum tanggal 25 September, jika lebih dari itu saya tidak bisa,” terang Bupati.

SELAMAT: Para pengurus PGRI Kabupaten Malang masa bhakti 2020-2021.

Kebijakan kenaikan gaji itu, menurut Sanusi akan diberlakukan untuk semua tingkatan sekolah di bawah naungan Pemkab Malang.

“SD dan SMP negeri maupun swasta, di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang gajinya akan kami tambah,” katanya.

Namun kebijakan itu tidak berlaku untuk sekolah di bawah naungan Kemenag Kabupaten Malang. “Kalau madrasah kami belum bisa, karena itu berada di bawah naungan Kemenag, bukan Pemkab Malang,” jelasnya.

Konferensi dengan tema Mewujudkan PGRI sebagai Organisasi Profesi dan Perannya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Abad Ke 21 itu dihadiri Bupati Malang Drs HM Sanusi MM, Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto, SH.MH, Kepala Dinas Pendidikan Dr. Rahmat Hidayat, Ketua PGRI Jawa Timur Drs. H Teguh Utomo MM, Dewan Pendidikan Kabupaten Malang, dan Dewan Kehormatan Pendidikan Prof.Dr. Sumadi.

Pada acara itu, Wakil MPR-RI Dr. Ahmad Basarah memberikan sambutan secara virtual. “Manfaatkan Rumah Center di Karangploso, untuk membahas masalah dunia pendidikan agar dunia Pendidikan di Malang Raya semakin maju sebagaimana program Nawacipta,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Kabupaten Malang Drs. Dwi Sucipto, MPd. menegaskan PGRI sebagai organisasi mempunyai konsep dan program yang jelas dalam memajukan dunia pendidikan, dan berintegritas bersinergi.

Sedangkan Ketua PGRI Jawa Timur Drs H Teguh Utomo. MM mengharapkan Pemkab Malang memperhatikan nasib guru honorer yang mencapai puluhan ribu. “Saya apresiasi atas apa yang dilakukan oleh Bupati Malang yang dulu juga seorang guru pasti tahu terkait guru honorer,” terangnya.

Pada akhir sambutannya, Bupati memberikan doorprize kepada guru termuda R. Hari Susanti yangNberusia 31 tahun dan Pengawas SD Singosari Wiwik yang berusia 60 tahun 2 bulan.

Pada kesempatan itu, Bupati Sanusi mencoba mobil pick up bikinan SMKN 1 Kepanjen dan menyerahkan mobil operasional untuk PGRI Kabupaten Malang. (sam/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here