Satu Rombongan ke Tanah Suci 80 Orang

Pulang Umrah, Warga Kedungjajang Positif Covid-19

0
WASPADA: Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat menggelar jumpa pers, di Lobi Pemkab Lumajang, Jumat (27/2/2020).

LUMAJANG-KADENEWS.COM: Seorang warga asal Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang dinyatakan positif terjangkit virus Corona atau Covid-19. Saat ini pasien tersebut tengah menjalani perawatan di ruang isolasi khusus di Rumah Sakit dr. Hariyoto.

“Pasien atas berinisial AS (55) jenis kelamin laki. Saat ini menjalani perawatan di ruang isolasi,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat menggelar jumpa pers, di Lobi Pemkab Lumajang, Jumat (27/2/2020).

Menurutnya sebelumnya pasien ini yang dinyatakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bersama 5 orang PDP dan 3 Orang Dalam Pantauan (ODP) lainnya.

Orang yang positif Covid-19, dikatakan Cak Thoriq sebelumnya melaksanakan ibadah umrah yang pulang pada 10 Maret lalu. Kemudian masuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Haryoto pada tanggal 20 Maret lalu.

“Bahwa AS dinyatakan PDP usai dirinya menjalankan ibadah umrah dengan menggunakan travel dari Kabupaten Lumajang. Satu rombongan berjumlah 80 orang jamaah,” ungkap Bupati.

Pihaknya telah mengambil langkah-langkah dengan menghubungi kontak terdekat untuk melakukan tes dari pembagian rapid tes sudah ada itu.

Bahkan akan mengambil langkah dimulai dari lingkungan keluarga, siapa yang berkunjung, siapa yang berziarah sepulang dari umrah.

“Yang jelas melakukan isolasi kepada beberapa keluarga terdekat. Isolasi bisa dilakukan secara mandiri atau menurut aturan lainnya,” paparnya.

Dia menambahkan Pemkab Lumajang bersama instansi terus berupaya mencegah penularan virus Corona melalui penyemprotan disinfektan di seluruh fasilitas umum, perkantoran dan lainnya. Selain itu, Pemkab Lumajang juga mengimbau agar masyarakat melakukan social distancing, menjaga jarak interaksi sosial.

Sementara Wabup Lumajang Ir. Indah Amperawati dengan tegas meminta kepada masyarakat Lumajang untuk tidak meremehkan virus Corona ini.

“Saya minta warga Lumajang tidak panik tapi jangan meremehkan virus Corona ini. Ini bukan influenza biasa, tolong jangan dianggap remeh,” tegas Wabup Lumajang. (fat/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here