Masyarakat Pragmatis, Figur Calon Kepala Daerah Tak Jadi Jaminan

0
POLITISI: Mantan Wali Kota Pasuruan Aminurrohman

PASURUAN – KADENEWS.COM : Mantan Wali Kota Pasuruan Aminurrohman memberikan tanggapan soal Pilwali 2020. Ia mendorong tokoh – tokoh lokal Pasuruan, khususnya kota agar berlomba-lomba menjadi calon wali kota atau wakil wali kota.

Semakin banyak tokoh yang ikut mencalonkan maka persaingan semakin baik.”Biarkan terseleksi oleh alam. Nanti menjelang pelaksanaan pilkada akan mengerucut dan mengkristal,” ujarnya.

Menurut politisi Partai Nasdem ini, untuk bisa maju menjadi calon wali kota dan wakil wali kota tidak mudah. Perlu ada dan permainan politik yang sangat panjang, sehingga orang tersebut bisa lolos dalam menghadapi seleksi.

Dari hasil seleksi tersebut seseorang itu akan kelihatan kemampuan leadership, kemampuan human relationnya, kemampuan ketokohannya.

“Dan tidak kalah penting kemampuan keuangannya. Kalau dari awal sudah menyatakan minat untuk maju menjadi calon wali kota dan wakil wali kota maka tokoh tersebut akan kelihatan kepiawaianya melalui semua tahapan,” sambungnya.

Menurut Aminurrohman yang juga pernah menjadi ketua DPRD, dari partai politik yang akan mengusung para tokoh tersebut akan mengamati untuk didukung menjadi calon wali kota dan wakil wali kota.

“Partai juga akan menyeleksi para tokoh-tokoh untuk diberikan rekomendasi. Makanya saya mendorong para tokoh di Pasuruan untuk berlomba-lomba menjadi calon wali kota dan wakil wali kota,” paparnya lagi.

Dalam pilkada saat ini kondisi sosial masyarakat sangat berbeda. Saat ini kondisi masyarakat sangat pragmatis. Semangat militannya dan figur bukan lagi menjadi faktor utama.(aza/ian)