Tim Polda Jatim Turun Periksa Dugaan Kasus Pengadaan ambulans di Jember

0
PERIKSA: Tim Polda Jatim memeriksa sejumlah ambulans yang diparkir di halaman Dinkes Jember. (Foto:kik/kadenews.com)

JEMBER-kadenews.com: Tim Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) melakukan sidak ke kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember, Jumat (16/3/18).

Mereka melakukan proses pengumpulan data terkait dugaan penyimpangan pengadaan mobil ambulans di dinkes setempat sekitar Rp 65 miliar.

Tim yang terdiri dari 4 orang tersebut setelah melakukan komunikasi dengan pejabat di Dinkes Kabupaten Jember langsung turun ke lokasi parkir.

Mereka mengecek puluhan mobil ambulans di halaman dinkes terkait kondisi mobil ambulans yang mangkrak pasca adanya larangan dari Polres Jember untuk beroperasi karena belum memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan.

Dari pantauan di lapangan terlihat tim polda didampingi pejabat dinkes memeriksa satu per satu mobil ambulans yang dalam kondisi tidak terawat. Selain memeriksa kondisi luar mobil, tim polda juga memeriksa kondisi dalam mobil.

Sekaligus membawa sejumlah berkas pengadaan mobil ambulans tersebut. Namun sayangnya tidak satu pun aparat dari polda yang memberi klarifikasi terkait pemeriksaan kondisi mobil tersebut.

Saat dikonfirmasi soal pemeriksaan dari Polda Jatim, Kepala Dinkes Jember, dr. Siti Nurut Qomariah enggan berkomentar banyak. ” Ia terima kasih atas informasinya,” ujarnya singkat lewat telepon seluler.

Pengadaan mobil ambulans itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan puskesmas pembantu dalam pelayanan kepada masyarakat. Dari total anggaran Rp 65 milIar dari APBD tahun 2017 diperuntukkan untuk pengadaan sekitar 140 mobil ambulans. Kini sebagian besar mobil ambulans dikandangkan di kantor dinkes karena belum ada kelengkapan surat-surat kendaraan. (kik/01)