FH Uniska Jalin Kerja Sama Dengan Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan Luar Negeri

0
KERJA SAMA: Dekan Fakultas Hukum Uniska, Dr. Emi Puasa Handayani, SH, MH menandatangani letter of intent (LOI), dengan Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta (UAIJ) yang di wakili Rektor UAIJ Prof. Dr. Ir. Asep Syaifudin, dalam acara seminar internasional tentang pembangunan berkelanjutan.

KEDIRI-kadenews.com: Fakultas Hukum Universitas Islam Kadiri (Uniska) Kediri Jatim, menjalin kerja sama dengan berbagai institusi luar negeri dan dalam negeri, untuk mengembangkan bidang penelitian, pengabdian dan pengajaran, serta pengembangan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang hukum.

Menurut Dekan Fakultas Hukum Uniska, Dr. Emi Puasa Handayani, SH, MH, tahun 2107 lalu, sudah menandatangani kerja sama dengan Asosiasi Pengacara Pengadaan Indonesia (APPI), untuk menyelenggrakan seminar internasional maupun penelitian di bidang pengadaan barang dan jasa. “Kita juga telah melakukan penjajakan dengan Perhimpunan Alumni Malaysia (PAM) di Indonesia”, ujar Emi.

Penjajakan itu ditindaklanjuti dengan mengirimkan dosen ikut serta dalam Indonesia Malaysia Symposium on Southeas Asia Studies (IMSEAS) tanggal 8 hingga 9 Desember 2017, dengan tema Sustainable Development to Enhange Indonesia-Malaysia Partnership for Promoting an Open Society within ASEAN Region, di Universitas Kebangsaan Malaysia yang di selenggarakan Perhimpunnan Alumni Malaysia (PAM), Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta, Universitas Kebangsaan Malaysia, dan PAPTI.

Kemarin, Fakultas Hukum Uniska mengirimkan tiga belas dosen dalam seminar Internasional sebagai Presenter Call For Papper, di antaranya Dr. Neti Endarwati, Kaprodi Magister Hukum, Dr. Emi Puasa Dekan FH Uniska, Trinas Dwi Haryana, SH, MH Kaprodi S1 Hukum.

Dalam seminar itu Dekan Fakultas Hukum juga menandatangani letter of intent (LOI), dengan Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta (UAIJ) yang di wakili Rektor UAIJ Prof. Dr. Ir. Asep Syaifudin, dalam acara seminar internasional tentang pembangunan berkelanjutan.

Dekan Fakultas Hukum Uniska juga menandatangani letter of intent (LOI), dengan Universitas Fathoni Thailand, di akhir acara dalam seminar internasional di Tulungagung.

Letter of intens akan segera ditindaklanjuti dengan seminar Internasional di Pahang Malaysia, kerja sama Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Fathoni Thailand, serta FH Uniska. Menurut dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Kadiri kerjasama itu akan terus berlanjut. Selain seminar internasional di Pahang Malaysia September 2018, juga akan dilakukan seminar internasional di Finlandia Oktober nanti bersama APPI dan IFPSM.

Selain itu Fakultas Hukum Uniska juga telah ditetapkan sebagai penyelenggara seminar internasional pembangunan berkelanjutan atau Southeast Asia Research Conference on Suistaninable Development (SEARCESAD) ke-2 tanggal 11-12 Januari tahun 2019 mendatang yang akan dihadiri oleh para pakar dari berbagai negara, seperti Malaysia, Thailand, Hongkong, Ukraina, Rusia, Libyia dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta (UIAJ), Universitas Raden Intan Lampung, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Semarang, UIN Malang, STITM Tulungagung, UNISMA Malang, dan lain lain.

“Fakultas Hukum Uniska akan terus melakukan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi maupun swasta dalam negeri maupun luar negeri.” ujar Dr.Emi Puasa Handayani, SH, MH .

Fakultas hukum Uniska sudah menandatangani kerjasama dengan APPI untuk melakukan pencegahan korupsi di bidang pengadaan barang dan jasa di Indonesia. Kegiatan dilanjutkan mengadakan seminar di Jakarta tangal 19-21 Maret 2018 yang diikuti oleh akademisi dari berbagai perguruan tinggi dan swasta di Indonesia maupun luar negeri, seperti Hongkong, Singapura, Thailan, Malaisyia, China, Belanda.

Keynote speker direncanakan Menristek Dikti. “Peserta yang mengirimkan makalah, akan dimuat dalam jurnal internasional ter index Scopus. Salah seorang reviewernya adalah Prof. Dr. Ismail Suardi Wekke, alumni Universitas Kebangsaan Malaysia yang ahli dalam bidang me-review untuk makalah yang akan dimasukkan kedalam jurnal yang terindeks Scopus” ujar Dr. Emi Puasa.

Emi menambahkan call for paper selain direview oleh Prof. Dr. Ismail Suardi Wekke (State Islamic College of Sorong), juga direview oleh 5 orang reviewer, salah satunya dari Fakultas Hukum Uniska Dr. H. Zainal Arifin, SH, MH, Dr. Wahyu Kurniawan (Wijaya Putra University), Dr. Ani Purwati (Wijaya Putra University), Dr. Jadi Sukarna (Semarang University), Sabela Gayo, PHd, (universitas Bhayangkara Jaya). (*/nal)