Ketua Komisi V DPR RI Kunjungi Wisata Boonpring

0
KENANG-KENANGAN: Bupati Malang Drs HM Sanusi MM memberikan cenderamata kepada Ketua Komisi V DPR RI, H. Muhammad Arwani Thomafi.

MALANG-KADENEWS.COM: Ketua Komisi V DPR RI, H. Muhammad Arwani Thomafi mengunjungi Wisata Boonpring di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Rabu (22/9/2021).

Selain ke Wisata Boonpring, wakil rakyat ini untuk meninjau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sanankerto. Kedatangan Ketua Komisi V DPR RI ini disambut Bupati Malang H.M. Sanusi.

Bupati Malang menjelaskan, letak geografis Kabupaten Malang yang strategis dan merupakan daerah penyangga yang berdekatan dengan Surabaya memiliki potensi besar di bidang pariwisata.

“Saya dan perangkat daerah Kabupaten Malang akan terus mengupayakan dukungan maksimal untuk memantapkan persiapan Desa Wisata Sanankerto,” janjinya.

Sanusi menyampaikan, bahwa program pemerintah untuk memulihkan perekonomian salah satunya dengan mengembangkan desa wisata.

“Program desa wisata merupakan terobosan untuk pengembangan ekonomi baru bagi desa di Indonesia. Harapannya masyarakat desa bisa mengoptimalkan potensi wisata wilayah setempat. Melalui model pengembangan desa wisata ini dampaknya kesejahteraan masyarakat desa meningkat,” ujarnya.

Sanusi mengharapkan kepada para pelaku wisata dan masyarakat di Desa Wisata Sanankerto dapat memanfaatkan kesempatan kunjungan wakil rakyat ini untuk menyampaikan aspirasi.

“Nanti supaya ada timbal balik positif yang didapatkan dan program pembangunan di Desa Wisata Sanankerto dapat berjalan dengan baik dan terarah,” kata Sanusi.

Sementara, Ketua Komisi V DPR RI, H. Muhammad Arwani Thomafi, mengatakan Komisi V DPR RI ini memiliki fokus dalam pengawasan terkait pembangunan dan pengembangan desa. Khususnya BUMDes untuk memperkuat penataan kehidupan ekonomi dan investasi di tingkat desa.

“Desa Sanankerto memiliki pariwisata Boonpring yang dapat membantu perekonomian desa. Desa wisata Sanankerto memiliki potensi Ekowisata Boonpring yang memberi dampak luar biasa terhadap perkembangan perekonomian desa. Hal ini merupakan upaya pemerintah dalam memperkuat kemandirian dan perkembangan desa” jelasnya.

Hadir pula pada acara tersebut, Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Daerah Tertinggal,  jajaran Kementerian Desa PDTT RI ,Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, jajaran perangkat daerah dan muspika setempat. (sam/ian)