NasDem Bojonegoro Desak DPRD Bentuk Pansus Covid-19

0
BAHAS PANSUS: Rapat DPD Partai NasDem Bojonegoro yang dipimpin Alham M Ubey

BOJONEGORO-KADENEWS.COM: Melihat perkembangan pnyebaran dan penanganan Covid-19 akhir-akhir ini, Partai NasDem Bojonegoro mendesak DPRD kabupaten setempat membentuk Pansus Covid-19.

“Kami meilihat satuan tugas yang ada belum maksimal menangani masalah Covid-19 secara serius dan maksimal. Karena itu, saya perintahkan kepada anggota fraksi NasDem untuk mempelopori dan memperjuantkan terbentuknya Pansus Covid-19,” kata Alham M. Ubey, Ketua DPD Partai NasDem Bojonegoro, kemarin.

Masalah Corona ini, DPD NasDem Bojonegoro memanggil secara khusus tiga anggotanya yg duduk di lembaga legeslatif, untuk dimintai laporanya sekaligus membicarakan langkah-langkah yg sudah dijalankan pemerintah bersama satuan tugas.

Menurut NasDem, langkah-langkah yang dilakukan belum maksimal. Bahkan, menurut Alham, informasi dari pemerintah atau dari satuan tugas di tingkat kabupaten malah membingungkan masyarakat.

Contohnya, terkait dengan jumlah ODP, atau PDP yang valid. “Masak, informasi dari provinsi dan kabupaten tidak sinkron, mengenai zona merah. Kabupaten masih bertahan di zona kuning. Tapi provinsi sudah mnyatakan Bojonegoro zona merah,” jelasnya.

Hal ini menurut mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Bojonegoro ini, seperti ada yang ditutup-tutupi. Walau akhirnya bupati telah meluruskan. “Kurang transparan,” tegasnya.

Diharapkan, melalui Pansus Covid-19 ini, nantinya dewan bisa mengawasi kinerja satuan tugas mulai dari Kabupaten, kecamatan dan satuan tugas di desa-desa.

Apalagi, pamerintah sudah mengalihkan anggaran dana di APBD untuk penanganan covid-19 ini. Bahkan dana desa bisa dialihkan untuk menangani masalah Corona oleh pamerintah desa.

“Kalau tidak diawasi secara ketat, bahaya. Baik secara kinerja maupun penggunaan anggarannya. Jangan sampai menjadi ajang korupsi yg memanfaatkan isu Corona ini,” kata Alham, yang juga mantan jurnalis televisi ini.

Melalui pansus Covid-19 ini, rakyat Bojonegoro bisa ikut mengawasi jalanya satuan tugas di semua tingkatan.”Soal Covid-19 ini, kami secara khusus membahas bersama anggota fraksi. Kesimpulanya, sudah mendesak Legeslatif membentuk pansus,” tegasnya. (alm/ian)