Hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Terbakar

0
MEMBARA: Lokasi kebakaran berada di Blok Mentigi Renyeng, Jantur, Ledok Bedor dan Blok Po’o, Desa Argosari, Kecamatan Senduro.

LUMAJANG-KADENEWS.COM : Kebakaran hutan dan lahan (Karthula) melanda kawasan hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Desa Argosari Kecamatan Senduro.

Lokasi kebakaran berada di Blok Mentigi Renyeng, Jantur, Ledok Bedor dan Blok Po’o, Desa Argosari, Kecamatan Senduro.

Relawan dan anggota TRC BPBD kemudian langsung bersinergi dengan petugas TNBTS di Ranupani untuk melakukan penanganan karhutla ini

GUNDUL: Kondisi hutan setelah terbakar

Pada Kamis (19/9/2019) petugas gabungan terus berupaya melakukan pemadaman dengan alat seadanya.

“Penyebab kebakaran diduga karena gesekan ranting kering hingga memunculkan asap dan api,” kata Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Jumat (20/9/2019).

Untuk penyebab kebakaran hutan diduga karena cuaca panas dan kemungkinan adanya gesekan ranting kering hingga memunculkan asap dan api.

“Untuk mengetahui penyebab kebakaran ini masih diselidiki pihak TNBTS,” kata Wawan.

Sementara itu, data berhasil dihimpun Wilayah III Resort Ranupani TNBTS, pada Jumat (20/9/2019), di beberapa titik api sudah tidak terlihat lagi, namun kepulan asap dari tonggak kayu yang terbakar masih terlihat.

Dari hasil mop up diperkirakan api sudah tidak merembet lagi, karena keberadaan tonggak-tonggak kayu berada ditengah-tengah lahan yang sudah terbakar.

Hingga saat ini tim TNBTS bersama tim gabungan dan relawan terus melakukan pemantauan dengan cara berpatroli di sekitar lokasi atau blok yang rawan terjadi kebakaran.

Khairul Soleh selaku Seksi Wilayah 3 Resort RPTN Senduro, menjelaskan, kebakaran ini terjadi setiap tahun. Utamanya ketika musim kemarau datang. Kawasan yang terbakar adalah di titik lokasi yang berada di sekitar sabana Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

“Dalam satu bulan terakhir ada 4 laporan,” tuturnya.(fat/ian)