Rabbana, Duet Menyentuh Rhoma Irama dan Anisa Rahman

0
BEDA GENRE: Rhoma Irama berduet dengan Anisa Rahman.

JAKARTA-KADENEWS.COM:  Duet lagu Rabbana dibawakan sangat harmoni oleh Raja Dangdut Rhoma Irama dan artis gambus Anisa Rahman.  Klipnya sudah tayang di Youtube,  Sabtu (15/5/2020).
Duet ini menyusul keberhasilan merilis duet lagu Virus Corona pada  7 Mei 2020 lalu.

Lagu bertema religi yang juga ciptaan  The King of Dangdut Rhoma Irama itu, sebelumnya pernah dirilis pada tahun 2019.  Lagu Rabbana memiliki makna yang sangat dalam. Kata Rabbanaa artinya adalah Tuhan kami. Di sini Rhoma Irama menggambarkan bagaimana Tuhan selalu hadir dalam kehidupan kita sehari-hari.

“Rabbanaa artinya Tuhan kami, Rabb itu Tuhan, Rabbi Tuhanku, Rabbanaa Tuhan kami. Di dalam lagu Rabbanaa ada lirik yang menyatakan, di darahku, di dagingku, di tulangku, di kulitku, Tuhan selalu hadir. Di napasku, di jiwaku, di benakku itu selalu diketahui oleh Allah Subhanahu wa ta’ala,” terangnya.

Menurut Bang Haji, sapaan sang Raja Dangdut itu,  lewat lagu ini ia  ingin menyampaikan kepada  bahwa Allah itu maha mengetahui apa yang kita lakukan. “Jangankan secara lahiriah, bahkan detak hati kita dan apa yang dibisikkan hati kita pun itu Allah mengetahui,” jelasnya.

Ditambahkan,  lewat lagu ini pula, ia mengajak semua untuk mengetahui bahwa Allah itu maha tahu apa yang lahir dan apa yang bathil. “Semua nanti akan kita pertanggung jawabkan di hadapan Allah Subhanahu wa ta’ala di akhirat kelak.” tegas lelaki yang warna musiknya dipengaruhi Deep Purple itu.

Dalam menggarap lagu ini, suami Richa Rachim ini kembali bekerja sama dengan HP MUSIC untuk memberikan warna baru pada lagu Rabbanaa.

“Saya kepikiran untuk menduetkan Anisa dengan Bang Haji Rhoma dalam lagu Virus Corona dan Rabbanaa. Alhamdulillah Bang Haji Rhoma menyambutnya dengan tangan terbuka dan bersedia duet dengan Anisa,” ujar Hadi Soenyoto yang menaungi artis penyanyi seperti Iis Dahlia, Rita Sugiarto, Nicky Astria, Devano Danendra, dan  Ivan Gunawan itu.

Hadi mengetahui  tidak mudah Bang Haji mau menerima duet dengan penyanyi wanita. “Saya bersyukur banget Bang Haji mau. Dari proses negosiasi dan proses rekaman berjalan begitu cepat dan dimudahkan oleh Tuhan sehingga jadi 2 lagu ini ,” jelasnya.

Proses rekaman dikerjakan di Studio Soneta di bilangan Depok itu. Rekaman lagu dan video clip yang diselesaikan dalam satu hari dan langsung disupervisi oleh ayah Debby Irama itu.

Dari hasil kolaborasi dua lagu Virus Corona dan Rabbanaa ini, terlihat bahwa Anisa dapat mengadaptasi terhadap lagu dan style dari Bang Haji. Anisa merasa sangat bersyukur mendapatkan arahan, panduan dan ilmu dari idolanya itu. Sedangkan Rhoma juga kagum dengan cepatnya proses adaptasi dan penjiwaan Anisa. “Saya kagum dengan penjiwaan Anisa yang begitu baik dalam proses rekaman” puji lelaki yang selalu membawa tasbih kecil itu.

Seperti apa kolaborasi dua penyanyi beda genre dan juga beda generasi dalam membawakan lagu Rabbanaa, nantikan penayangannya di channel youtube Anisa Rahman dan tentu saja di platform music digital tanah air. (aka/ian)