Tiga Sungai di Kejayan Berbusa, Warga Resah

0
DIDUGA PENCEMARAN: Busa di sungai Welang yang meresahkan warga.

PASURUAN – KADENEWS.COM: Beberapa sungai di Kabupaten Pasuruan, tertutup busa tebal, Sabtu (15/2/2020). Busa tersebut terhampar di tiga sungai, yaitu Sungai Pacar Keling, Sungai Welang dan Sungai Wrati, Kecamatan Kejayan.

Penampakan busa yang menutupi sungai mulai malam hari kemarin itu membuat warga takut beraktivitas di sungai. Bahkan hingga pukul 12.00 WIB, busa itu masih terlihat.

“Tiba-tiba saja, ada kejadian muncul busa menggumpal, kayak sabun itu. Warga sangat terganggu, sungai ini dipakai mandi dan cuci baju,” kata Imam salah satu warga.

Ditambahkan lagi jika sungai Pacarkeling, sungai Welang dan sungai Wrati ini memiliki aliran air yang sama.

“Ini kan sealiran, pemicunya ini kemungkinan sama. Saya khawatir ini berdampak pada lingkungan dan kesehatan warga. Wong busanya setebal itu,” ungkapnya.

Barisi ditempat berbeda menambahkan bahwa fenomena busa layaknya salju itu baru pertama kali terjadi, sehingga membuat masyarakat sekitar heboh. Meski  busa ini tidak menimbulkan bau menyengat, tetapi menimbulkan keresahan. “Khawatir ada efek samping. Ini ada kandungan zat kimianya. Karena tidak mungkin ada kejadian semacam ini kalau tidak kandungan kimia,” tegasnya lagi.(aza/ian)