Tiga Pimpinan Definitif DPRD Pamekasan Resmi Dilantik

0
KHIDMAT: Tiga pimpinan DPRD Pamekasan periode 2019 - 2024 dilantik melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Pamekasan, Jum'at (11/10).

PAMEKASAN – Tiga pimpinan defenitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan periode 2019 – 2024 secara resmi dilantik melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Pamekasan, Jum’at (11/10).

Ketiga pimpinan definitif itu diambil sumpah jabatannya oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Pamekasan. Rapat paripurna istimewa yang dipimpin Ketua DPRD sementara itu berlangsung khidmat.

Adapun komposisi ketiganya pimpinan tersebut duduk sebagai Wakil Ketua yang diantaranya Syafiuddin dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), H. Hermanto dari Partai Demokrat (PD) dan Harun Suyitno dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Prosesi pelantikan disaksikan Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e, Sekretaris Daerah (Sekda) Totok Hartono, jajaran Forkopimda dan anggota DPRD Kabupaten Pamekasan.

Hadir pula dalam kesempatan itu pimpinan OPD, Camat se Kabupaten Pamekasan dan tamu undangan lainnya.

Usai diambil sumpah jabatannya, dalam sambutannya Wakil Ketua DPRD Syafiuddin mengatakan, dengan terbentuknya pimpinan DPRD secara definitif akan dapat memperlancar terbentuknya alat kelengkapan DPRD yang lain sehingga tugas, wewenang dan fungsi DPRD dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya walaupun komposisinya belum lengkap.

Menurutnya sesuai dengan ketentuan pasal 148 ayat 1 UU Nomor 23 tahun 2014 yang menyatakan bahwa DPRD Kabupaten Pamekasan merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah kabupaten yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan Kabupaten, maka agar penyelenggaraan pemerintahan daerah bisa berjalan sebaik-baiknya diperlukan adanya komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang baik antara eksekutif dengan DPRD Pamekasan.

“Oleh karena itu ke depan kami selalu unsur pimpinan dan seluruh anggota DPRD mengharapkan adanya kerjasama yang lebih baik antara lembaga eksekutif dan legislatif sesuai dengan tugas, wewenang dan fungsi kami dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui upaya membangun Pamekasan kedepan agar dapat mewujudkan Pamekasan se rajjeh, bejjreh tor parjugheh,” Katanya.

Ia juga mengungkapkan hal itu dapat tercapai apabila seluruh komponen pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat khususnya para tokoh ulama dan masyarakat secara tulus memberikan dukungan.

Lebih lanjut Syafiuddin berharap masukan dari seluruh komponen penyelenggara daerah dan berbagai elemen masyarakat yang berupa saran dan kritik yang bersifat konstruktif agar penyelenggaraan pemerintahan daerah mampu menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Acara sumpah jabatan diakhiri dengan serah Terima palu dari Ketua sementara kepada Wakil Ketua definitif serta ditutup dengan doa dan penyampaian ucapan selamat kepada ketiga pimpinan definitif DPRD Pamekasan. (bw/ian)