Ketua Umum IKA UINSA Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI di Makkah

0
KHIDMAT: Ketua Ika UINSA Imam Nahrawi menjadi inspektur upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-74 di Makkah.

MAKKAH-KADENEWS.COM: 
Untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 dan detik-detik proklamasi kemerdekaan, jamaah dan petugas haji Indonesia melakukan upacara bendera di sebuah hotel wilayah sektor V di Makkah, Arab Saudi pada Sabtu (17/8/2019).

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Ketua Umum Ika UINSA (Ikatan Alumni UIN Sunan Ampel Surabaya) yang juga Menpora Imam Nahrawi, sedangkan komandan upacara M Muchit dari Brimob Mabes Polri. Selain itu, petugas perwira upacara adalah H Memed Yudha dari Seskoad dan pembaca doa adalah Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Prof Masdar Hilmi.

Upacara dimulai pukul 07.00 WAS (waktu Arab Saudi) dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila, UUD 1945 dan naskah Proklamasi. Semua peserta upacara mengikuti upacara dengan khidmat.

Dalam pidatonya, inspektur upacara Imam Nahrawi berpesan agar petugas dan jamaah haji tetap meningkatkan nasionalisme di manapun berada.

“Kita harus tetap mempertahankan NKRI, karena inilah cara menghormati jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan,” ujar Menpora yg sedang melaksanakan ibadah haji.

Para peserta upacara merasa terharu saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. “Saya bangga bercampur haru saat menyanyikan lagu kebangsaan ini di negeri orang. Makanya saya sering melihat para atlet juara menangis saat menyanyikan lagu ini di luar negeri. Ternyata saya sekarang merasakannya,” seorang jamaah dari Surabaya.

Seusai acara, para peserta dan petugas upacara melakukan pemotongan kue tart HUT ke 74 dan beramah tamah.

“Terima kasih pak Menpora dan rekan-rekan petugas haji di Daker Makkah. Semoga kita semua meraih pahala silaturahim,” ujar Kepala Sektor 5 Makkah A. Haris Hasan, penanggungjawab acara.

Rektor UINSA Prof Masdar Hilmy sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Kesuksesan acara ini tak lepas dari doktrin hubbul waton minal iman (cinta tanah air sebagian dari iman). Dan bumi yang paling mulia, Makkah Almukarromah telag menjadi saksinya,” tegas Rektor. (bjr/ian)