PERINGATI HARI LANJUT USIA NASIONAL

Puskesmas Situbondo Gelar Pemeriksaan Gratis dan Bagi Sembako

0
PEDULI SESAMA: Kepala  Puskesmas Situbondo, Mince Hendrayani, S.KM, M.Kes (kiri) memberikan sembako kepada lansia.

SITUBONDO-KADENEWS.COM: Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang dicanangkan setiap 29 Mei ini, Puskesmas Situbondo mengadakan pemeriksaan gratis dan pembagian sembako untuk para lanjut usia (lansia).

Pemeriksaan gratis ini khusus bagi para lansia yang berkunjung ke Puskesmas Situbondo dan di wilayah kerja Puskesmas Situbondo.

ANTRE: Suasana pemeriksaan kesehatan gratis di Dusun Kandang Desa Olean, Kecamatan Situbondo.

Selain pengobatan gratis, Puskesmas Situbondo membagikan sembako bagi para lansia yang kurang mampu.

Kedua kegiatan tersebut dilakukan sejak tanggal 26 sampai 31 Mei 2019.”Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian kami kepada para lansia,” ujar Kepala  Puskesmas Situbondo, Mince Hendrayani, S.KM, M.Kes, Sabtu (1/6/2019).

Dijelaskan, kegiatan bakti sosial (baksos) pembagian sembako dan pemeriksaan kesehatan gratis ini diadakan di Dusun Kandang, Desa Olean, Kecamatan Situbondo pada Jumat (31/5/2019).

KELUARGA BAHAGIA: Setelah memeriksakan diri secara gratis, para lansia mendapatkan sembako dan foto bersama kepala Puskesmas Situbondo (dua dari kiri) dan petugas kesehatan.

“Lebih dari 50 orang lansia memeriksakan kesehatannya. Setelah diperiksa mereka memperoleh sembako,” ujarnya.

Menurut alumnus Pasca Sarjana Universitas Airlangga ini peringatan HLUN merupakan momen untuk lebih menguatkan komitmen, meningkatkan semangat, memberi makna pada masyarakat mengenai pentingnya kesehatan.

“Pembangunan kesehatan merupakan salah satu unsur penopang peningkatan indeks pembangunan manusia. Untuk itu, kita perlu lebih menggiatkan dalam penyiapan lintas generasi sesuai dengan tugas masing-masing sehingga terwujud lansia sehat, sejahtera dan mandiri melalui keluarga sehat,” papar wanita berhijab asal Lumajang itu.

Pada peringatan HLUN 2019 ini Puskesmas Situbondo mengangkat tema Lansia Sejahtera, Keluarga Bahagia.

“Melalui tema ini diharapkan tersampaikan pesan-pesan kesehatan bahwa sehat itu dimulai dari keluarga, sehat harus dijaga dengan menerapkan perilaku hidup sehat, dan berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional. Sehingga nantinya, akan terbangun keluarga yang sadar akan kesehatan dan terwujud lansia yang sehat, mandiri dan produktif,” jelasnya.

Dikatakan, hingga saat ini masih banyaknya lansia yang menderita penyakit infeksi dan penyakit tidak menular seperti hipertensi, jantung dan diabetes melitus.

“Pemeliharaan kesehatan lansia hendaknya lebih mengutamakan promotif dan preventif dengan dukungan pelayanan kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas di fasilitas-fasilitas kesehatan. Untuk itu pada peringatan HLUN 2019 kali ini Puskesmas Situbondo mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para lansia,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, peringatan HULN setiap 29 Mei ini dicanangkan oleh Presiden Soeharto di Semarang pada 29 Mei 1996.

Pencanangan ini untuk menghormati jasa Dr KRT Radjiman Wedyodiningrat meski usia lanjut masih bisa memimpin sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). (min/ian)