Danlamal V Resmikan Budidaya Ikan Sidat di Cilacap

0
TEKAN TOMBOL: Danlantamal V, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Edwin, S.H, M.Han meresmikan Budidaya Ikan Sidat di Komplek Rumdis TNI AL Pangkalan TNI AL Cilacap, Jum’at (11/1/2019).

CILACAP-KADENEWS.COM: Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Edwin, S.H, M.Han  meresmikan Budidaya Ikan Sidat di Komplek Rumdis TNI AL Pangkalan TNI AL Cilacap  Jalan Srikandi Kelurahan Kebonmanis Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jum’at (11/1/2019).

Komandan Pangkalan Abgkatan Laut (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo dalam laporannya menyebutkan pembuatan kolam ikan sidat memanfaatkan bekas gedung SPG Cilacap di komplek Rumah Dinas TNI AL yang direhab total.

Di dalamnya kemudian dibangun 10 kolam dengan kapasitas 1.000 ekor ikan sidat per kolamnya.

“Ini adalah upaya kami turut serta menyejahterakan masyarakat melalui budidaya Sidat bekerja sama dengan PT Sumber Segara Primadaya PLTU Karang Kandri.

Selain itu di tempat ini juga dilengkapi taman bacaan dan taman bermain untuk menanamkan cinta buku bagi anak-anak sedini mungkin” jelas Danlanal Cilacap.

Sementara itu Komandan Lantamal V mengapresiasi Terobosan Lanal Cilacao ini,  Ia menegaskan bahwa budidaya ikan Sidat merupakan program TNI AL, Sidat Wangi dalam upaya turut mencerdaskan anak bangsa.

“Untuk konsumsi pribadi kandungan protein dan DHA ikan Sidat sangat tinggi sehingga meningkatkan kecerdasan anak dengan harga lebih terjangkau dibandingkan Salmon,” terang Edwin Sapaan akrab Danlantamal V ini.

Selain ituV lanjutnya,  Sidat juga merupakan komoditas ekspor yang sangat diminati dan tentu bisa menyejahterakan masyarakat yang membudidayakannya.

Di sisi lain budidaya ikan Sidat sebagai fauna khas Cilacap ini juga bisa menjadi alternatif kegiatan para nelayan saat tidak melaut karena cuaca atau sepinya hasil tangkapan.

Untuk itu Ia berharap ke depan program ini bisa dikembangkan menjadi pusat pelatihan budidaya ikan Sidat.

Ia menambahkan hasil koordinasi dengan Pemkab Cilacap nantinya dibuat regulasi bagi pembudidaya agar 10 persen ikan Sidat dari hasil budidaya dilepasliarkan ke laut agar terjadi keseimbangan.

Dalam kesempatan itu, Danlantamal V juga meresmikan taman bacaan dan bermain ‘Adhika Jala Persada’ kerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpusda Cilacap.

Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rahman, pejabat Forkpimda, Direktur Teknik dan Operasional PT S2P Irvan Rahmat, sejumlah Kepala OPD terkait, dan undangan lain. (ian)