“Santri sebagai Pioner Perdamaian”

0
LEPAS BALON: Peringatan Hari Santri Nasional ke-4 tahun 2018. Upacara ini bertempat di Alun-alun Lumajang, Senin (22/10/2018).

LUMAJANG -KADENEWS.COM: Bupati Lumajang Thoriqul Haq, M. ML memimpin upacara Hari Santri Nasional ke-4 tahun 2018. Upacara ini bertempat di Alun-alun Lumajang, Senin (22/10/2018).

Hari Santri Nasional tahun ini bertemakan “Bersama Santri Damailah Negeri” dihadiri Wakil Bupati Lumajang, Forkopimda Lumajang, ketua DPRD Lumajang, Kapolres Lumajang.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., menyampaikan amanat tertulis Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, yang intinya pemerintah sudah semestinya memberikan apresiasi bagi perjuangan kaum santri yang secara nyata memberikan andil besar bagi terbentuk dan terjaganya NKRI.

Oleh karena itu, peringatan Hari Santri harus dimaknai sebagai upaya memperkokoh segenap umat beragama agar saling berkontribusi mewujudkan masyarakat yang bermartabat, berkemajuan, berkesejahteraan, berkemakmuran dan berkeadilan.

Hari Santri tahun 2018 ini, merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai pioner perdamaian, yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang menyerahkan medali perak Kompetisi Sains Madrasah tingkat Nasional, atas nama Jasmine Ghina Ilmi Azkiyah, MI Nurul Islam Kota.(fat/ian)