LIPUTAN HAJI 2018:

WUKUF LANCAR DAN NYAMAN

0

ARAFAH, KADENEWS: Hari ini, Senin (20/8), adalah puncak ibadah haji 1439. Sekitar 2,5 juta jemaah haji dari penjuru dunia berkumpul di Arafah. Mereka menjalankan salah satu rukun haji, yaitu wukuf.

Menurut kontributor Kadenews di Arab Saudi, prosesi wukuf berjalan lancar dan aman. Tenda-tenda telah selesai dirapikan setelah diterjang badai kecil semalam.

Selain itu, fasilitas tenda juga semakin baik. Selain dilengkapi dengan karpet dan matras, juga terdapat AC dan kipas angin yang keluar embunnya. Hal ini sangat membantu menurunkan suhu udara yg panas.

Suhu udara dilaporkan 47 derajat celcius, namun tak mengendorkan jemaah untuk wukuf di bebatuan tanpa tenda dan hanya berbekal payung. “Mereka sengaja wukuf di luar tenda karena ingin mencontoh Rasulullah,” ujar seorang jemaah.

Setelah melaksanakan wukuf, jemaah langsung bergerak menuju Muzdalifah untuk mabit –bermalam–. Setelah melewati tengah malam, jemaah bergerak menuju Mina untuk lempar jumrah dan mabit.

Usai lempar jumroh, jemaah sudah boleh tahalul atau memotong rambut dan boleh berganti baju ihram dengan baju biasa. (Jur)