Makanan Ramadan

BEGINI, CARA SEHAT MAKAN KURMA

Oleh: Bajuri Bakkah

0
KURMA MASAK POHON: Makanan takjil ini butuh proses yang panjang untuk bisa dikonsumsi, maka harus tetap hati-hati.

SURABAYA, KADENEWS.COM: Buah yg satu ini sgt terkenal saat bulan Ramadan. Bukan sekadar manfaatnya bagi kesehatan, tapi juga menjadi makanan yang disunnahkan saat berbuka puasa. Nabi Muhammad menganjurkan agar berbuka dengan yang kurma untuk memulihkan stamina.

إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ فَإِنْ لَمْ يَجِدْ تَمْرًا فَالمَاءُ فَإِنَّهُ طَهُوْرٌ

Dari Salman bin Amir radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Bila kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma, karena kurma itu barakah. Kalau tidak ada kurma, maka dengan air, karena air itu mensucikan. (HR. Abu Daud dan At-Tirmizy)

KURMA RUTTOB: Kurma yang menjadi favorit jemaah untuk buka puasa, yaitu kurma setengah matang masak pohon yang sudah di masukkan kulkas. Manis agak sepet, sehingga tidak terasa neg.

Kendati demikian, perlu hati2 dalam mengkonsumsinya. Karena kurma yang beredar di Indonesia sudah melalui proses yang panjang. Mulai dari proses memanennya, proses penjemurannya, proses penyimpanannya, proses packing dan pengiriman sampai di Indonesia.

Ada kemungkinan dalam proses-proses tersebut tidak higienes. Karena gudang penyimpanannya sama seperti gudang penyimpanan beras, lombok, atau hasil panen lainnya. Bisa jadi dalam proses pengeringannya bercambur debu atau didatangi binatang kutu makanan.

Terlebih lagi saat berada di gudang penyimpanan. Tidak mungkin bisa dilakukan penjagaan selama 24 jam. Belum lagi, tempat yang kering atau yang lembab, sama-sama rentan dengan hadirnya binatang kutu makanan.

Oleh karena itu, masyarakat perlu waspada bila akan mengkonsumsi kurma. Jangan meniru seperti saat mengkonsumsi kurma di negara asalnya –Arab Saudi–, karena di sana kurmanya masih basah, tdk melalui proses panjang, dekat dengan kebun dan gudangnya.

DIJUAL MURAH: Kurma Ruttob biasanya dijual dalam kemasan plastik, bahkan ada yg dijual dengan tangkainya sehingga tampak baru dipanen.

Agar tetap mengkonsumsi kurma secara higienis, berikut beberapa tips mengkonsumsi kurma yang sehat:

1. Bilas dengan air mineral, digosok-gosok kulitnya untuk menghilangkan debu yg menempel.
2. Buka daging kurmanya, keluarkan isinya. Hal ini untuk memastikan tidak ada kutu di dalam kurma.
3. Bilas sekali lagi dengan air minum yg mengalir.

Kurma siap dimakan, lebih bersih, higienis, dan sunnah Rasul. Semoga bermanfaat. *jur*