PTPN XII Babat Habis Ratusan Hektar Karet Diganti Tanaman Tebu

0
SIAP DIGANTI: Tanaman karet milik PTPN XII di Jember yang akan diganti dengan tanaman tebu. (Foto: ukik/kadenews.com)

JEMBER-kadenews.com: Ribuan tanaman karet milik PTPN XII kini dibabat habis dan digantikan tanaman Tebu untuk memenuhi kebutuhan produksi Pabrik Gula (PG) Glemore. Akibatnya sejumlah masyarakat sekitar merasa khawatir dengan aksi PTPN XII tersebut.

Selain mengurangi mata pencaharian masyarakat sekitar, dampak kerusakan lingkungan juga dikhawatirkan mereka.

Tarmin (50) salah seorang Warga di sekitar area kebun milik PTPN XII mengungkapkan, ada kecemasan masyarakat dengan kebijakan pihak PTPN XII tersebut. Yang paling parah adanya dampak lingkungan yang terjadi dengan pergantian jenis tanaman tersebut.

” Keberadaan pohon karet sebagai tanaman jenis keras sangat membantu dalam ekosistem penyerapan air. Jika itu ditebang maka debet air akan berkurang sebab tidak bisa menyimpan air,” ungkapnya.

Belum lagi masalah nasib para penyadap karet yang menggantungkan mata pencahariannya pada keberadaan karet. Setelah dibabat habis dan digantikan tanaman tebu akibatnya banyak masyarakat yang menganggur.

Kondisi ini ditanggapi pihak PTPN XII secara sepihak. Suryadi Ka. TU PTPN XII kepada wartawan mengungkapkan tujuan utama dalam pergantian jenis tanaman karet kepada tanaman tebu hanya untuk memenuhi target profit perusahaan.

” Tindakan kita atas perintah direksi dan itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan PG Glemore,”ungkapnya.

Namun pihaknya mengaku akan memikirkan dampak lingkungan dalam waktu panjangnya. (kik/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here