Jelang Bonus Demografi 2020-2031

Pemuda Harus Kreatif dan Kritis Sambut Perubahan Dunia dan Gaya Hidup Manusia

0
GAYENG: Suasana talkshow yang memotivasi pemuda untuk mampu bersaing dan memaksimalkan potensi yang dimiliki.

SURABAYA-kadenews.com: Data Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menunjukkan pada tahun 2020-2031 Indonesia akan menerima bonus demografi usia penduduk produktif mencapai 70 persen. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, pemuda dituntut mampu mengetahui peran apa yang harus mereka ambil. Didasari oleh hal tersebut, Dvillage Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar talkshow bertajuk Youth Optimism of Indonesia.

Dimoderatori oleh Muhammad Hafiizh Imaaduddiin ST MT, kegiatan talkshow  itu bertujuan untuk memberikan pemahaman pada generasi muda, tentang peran yang akan mereka ambil dalam membangun bangsa menjadi lebih baik.

Workshop yang berlangsung di Townsquare Surabaya  pada Sabtu malam itu diharapkan mampu memberikan motivasi bagi para pemuda untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki.

Brand Manager AXE Unilever Indonesia, Raditya Beer mengungkapkan perubahan dunia yang semakin  cepat ikut mengarahkan manusia menjadi konsumen yang selektif. Hal itu terbukti dengan berdirinya berbagai industri kreatif  di bidang makanan, pakaina dan produk kriya.

“Pemuda harus mampu menunjukkan perannya dalam menghadapi perubahan tersebut,” ujarnya memulai talkshow.

Radit menambahkan di era global ini pemuda Indonesia harus memiliki pemikiran kreatif di bidang industri atau bisnis. Pasalnya pertumbuhan industri yang menggeliat dan munculnya berbagai persaingan menuntut pemuda untuk berpikir kritis terhadap permasalahan tersebut.

”Kreatif dan kritis menjadi sangat penting dalam menyambut perubahan dunia dan gaya hidup manusia,” tambahnya.

Ketika ditanya bagaimana mempersiapkan daya saing pemuda dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Radit menerangkan sudah seharusnya pemuda melihat persaingan ekonomi dengan perspektif berbeda.

Mereka harus memiliki pemikiran yang jauh kedepan guna mengembangkan dirinya. Selain itu generasi muda Indonesia harus memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik, agar tidak terjebak oleh permasalah yang rumit. “Para pemuda harus mampu memberikan complex problem solving,” jelasnya.

Pendiri Good News from Indonesia selaku pembicara kedua, Akhyari Hananto menjelaskan indeks daya saing Indonesia menempati posisi ke-36 sesuai data dari “World Economic Record.Untuk itu, Indonesia harus memiliki sumber daya yang memadai untuk menunjang majunya bangsa ini. Memasuki bonus demografinya, di tahun 2030 Indonesia termasuk dalam lima negara dengan ekonomi terbaik setelah China, Amerika Serikat, India dan Jepang.

“Hal ini menjadi “good news “dari peningkatan bonus demografi bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa berita baik itu tidak akan menjadi nyata atau malah menjadi bumerang bangsa jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Maka dari itu, Indonesia harus meningkatkan daya saing para pemudanya.

“Generasi yang ada harus diberi kesempatan, mereka harus dibangun dalam kekuatan daya saing,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Mirda Aimy dari Manajemen bisnis menanyakan bagaimanakah seharusnya sikap pemuda Indonesia mengingat saat ini, sangat sedikit timbal balik dari pihak yang berwenang dalam menyikapi karya anak bangsa, yang menjadikan mereka keluar dan mencari penghidupan di luar negaranya.

Akhyari memaparkan bahwa kini pemuda Indonesia harus mau berempati pada keadaan bangsa. Fakta banyaknya pemuda yang hengkang ke luar negeri karena karyanya kurang diapresiasi memang menjadi hal lumrah di negeri ini. Namun jika terus dibiarkan, orang luarlah yang akan masuk dan menguasai bangsa selama pemudanya memiih mengabdi pada negara luar.

“Saat ini negara luar tengah besiap untuk masuk Indonesia, bila pemudanya banyak yang keluar negara ini akan dikuasai pihak asing,” tegas Akhyari.

Ditemui usai acara, dosen sekaligus moderator talkshow pada malam itu, M hafizh Imaddudin ST MT berharap dengan adanya kegiatan ini, pemuda yang hadir dapat menemukan minat di bidang yang mereka sukai, sekaligus mau dan mampu menjadi motor penggerak bagi perubahan Indonesia.

“Di tahun 2031   bonus demografi kita 68,1 persen dari total 180 juta pnduduk, jika para pemuda Indonesia berhasil menghasilkan hal yang berguna, bisa dipastikan Indonesia juga menjadi negara yang besar,” pungkasnya. (hen/01)