Polisi Imbau Agar Tidak Terpengaruh Berita Hoax

0
407
views
SILATURAHIM: Polisi menemui pimpinan Muhammadiyah Lumajang. (Foto: fat/kadenews.com)

LUMAJANG-Kadenews.com: Dengan banyaknya isu beredar terkait berita palsu atau hoax, terutama di media sosial khususnya Facebook, Whatsapp tersebut harus disikapi dengan bijak.

Untuk membantu masyarakat memperoleh informasi yang benar, masyarakat harus mencari informasi tersebut dari sumber yang terpercaya sehingga keakuratan berita tersebut mendekati kepada berita yang benar ataupun masyarakat bisa mencari berita tersebut dari media elektronik seperti televisi yang sudah melalui verifikasi sumber yang terpercaya.

Untuk mencegah berita palsu atau Hoax, jajarran polres Lumajang terus gencar memberikan himbauan kamtibmas agar masyarakat tidak langsung menilai berita yang beredar itu benar.

“Sebagai pengguna media sosial jangan mudah percaya dengan berita atau info yang beredar di media sosial apalagi pengirim berita tersebut tidak diketahui identitasnya atau sumbernya jelas,” ujar Paur Subbag Humas Polres Lumajang Ipda Catur Budi Baskoro.

Untuk itu, masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan Namun jangan sampai menyebarkan ketakutan melalui broadcast. Apabila masyarakat mendapat informasi terkait kondisi keamanan, lebih baik konfirmasi kebenarannya langsung kepada pihak yang berwajib.

“Bila masyarakat mendapatkan berita Hoax segera melaporkan ke pada pihak kepolisian dengan membawa bukti print out berita bohong, biar ditindak lanjuti,” tutur Catur.

Ia berharap masyarakat tetap tenang dan tidak resah, sampai polisi mengungkapkan fakta yang sebenarnya.

“Masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya namun juga terus meningkatkan kewaspadaan tanpa emosi berlebih,” imbuh Ipda Catur Budi Baskoro.

Sementara itu sejumlah warga di wilayah berkomitmen untuk menangkal berita hoax.

Salah satu warga Lumajang Herman, ia menegaskan, jangan sampai percaya dengan berita hoax.

“Kami warga Lumajang menolak dan melawan berita bohong serta isu SARA. NKRI harga mati,” pungkasnya.

Ia pun mendukung ada tindakan tegas untuk pelaku pembuat berita hoax.

Selain itu, ia berharap agar deklarasi anti hoax terus digaungkan, sehingga semua komponen masyarakat bisa memahami mana berita hoax dan tidak. (fat/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here