Jalur Puncak B29 Argosari Sudah Bisa Dilewati

0
LANCAR: Jalur puncak B29 tertimbun tanah longsor sejak Kamis (20/3/2018), Senin (19/3) siang akses jalan bisa di lewati. 

LUMAJANG-Kadenews.com: Akses jalan menuju puncak B29 sudah di bisa di lewati masyarakat setelah sebelumnya tertimbun material tanah longsor, tepatnya di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Lumajang, sejak Kamis (15/3/2018) sore.

“Material longsor menuju puncak B29 sudah selesai dibersihkan, warga sudah bisa melintasi,” Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah -BPBD kabupaten Lumajang Wawan HS ketika dikonfirmasi Media ini, Senin (19/3/2018).

Jalur menuju puncak B29 Desa Argosari dan menuju Desa Ledok Ombo, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo itu sempat di tutup sejak Kamis hingga Minggu.

Menurutnya, untuk membersihkan material tanah secara manual lantaran tumpukan terlalu tebal serta medan yang berat. Material tanah berasal dari tebing setinggi 5 meter dan lebar 2,5 meter.

“Volume longsoran panjangnya mencapai 13 meter, tinggi 1,5 meter, dan lebar 2,5 meter,” ujar Wawan Hadi.

Pembersihan melibatkan petugas BPBD, TNI, Polri, relawan dan masyarakat setempat.

Wawan mengingatkan kepada masyarakat dan pihak terkait untuk tetap waspada karena jalur B29 masih berpotensi terjadi longsoran, terlebih cuaca hujan yang masih akan terjadi hingga beberapa waktu ke depan.

“Untuk itu, kami menghimbau tetap waspada di jalur B29, kemungkinan akan terjadi longsoran susulan,” paparnya.(fat/01)