Sekretariat DPR RI Sosialisasi Laporan Kinerja Tahunan

0
FOTO BARENG: Tim Sekretariat DPR RI Saat Berada di halaman DPRD. (Foto: Urip Limartono Aris/kadenews.com)

BANYUWANGI-kadenews.com: Selain bersilaturahim dengan Kesekretariatan DPRD Kabupaten Banyuwangi, kedatangan rombongan Kesekretariatan DPR RI, Jumat (9/3) untuk sosialisasi pembuatan laporan kinerja DPRD tahunan. Demikian disampaikan Kepala Biro Kesekretariatan Pimpinan DPR RI, Drs Djaka Dwi Winarko, MSi selaku ketua rombongan.

Menurutnya, selama ini yang telah dilakukan kesekretariatan DPRD Banyuwangi baru pembuatan laporan kinerja selama 5 tahun sekali.

“Akhirnya tadi ada kesepakatan, DPRD Banyuwangi akan membuat laporan kinerja setiap tahun. Tadi buku-buku petunjuk pelaksanaannya sudah kami sampaikan pada Pak Saiful,” ujar Djaka.

Pembuatan laporan kinerja tahunan ini, menurut Djaka akan sangat bermanfaat untuk menunjukkan pada warga bagaimana kerja DPRD selama satu tahun. Sehingga laporan kinerja tahunan tersebut bisa dijadikan sebagai pertanggungjawaban publik.

“Dengan adanya laporan kinerja setiap tahun ini, publik akan bisa mengetahui apa saja yang sudah dikerjakan oleh DPRD, apa saja yang sudah dicapai dan sebagainya. Sehingga nantinya laporan kinerja ini bisa dijadikan sebagai dokumen atau bukti sejarah,” tandasnya.

Selain masalah sosialisasi laporan kinerja, Djaka juga menambahkan, kedatangannya ke beberapa DPRD kabupaten, termasuk Banyuwangi untuknmenawarkan pembentukan sebuah forum untuk seluruh DPRD se Indonesia.

Melalui forum itu nantinya akan bisa disampaikan berbagai permasalahan yang dihadapi daerah.

“Paling tidak melalui forum ini kita akan bisa bertukar pikiran bagaimana bisa memberikan pelayanan yang baik pada anggota dewan. Nantinya forum ini bisa dikoordinir oleh Sekretariat Jenderal DPR RI,” ujarnya. (rip/har/01)