Pemprov Jatim Jamin 45.250 Ton Beras Impor di Gudang Bulog Hanya Transit

0

SIDOARJO – kadenews: Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) Fattah Jasin menegaskan bahwa seluruh beras impor, baik yang dari Thailand ataupun yang dari Vietnam yang masuk ke Jawa Timur hanya transit dan tidak untuk dilepas di Jatim. Penegasan tersebut diperkuat dengan langkah penggembokan gudang beras milik Bulog Jatim di Buduran Sidoarjo oleh Tim Sakgas Pangan.

Dijelaskan Fattah, ada sekitar 45.250 ton beras impor yang masuk melalui dua pelabuhan di Jatim. Sebanyak 20.000 ton impor dari Thailand masuk melalui Tanjung Perak Surabaya dan disimpan di gudang Bulog yang berlokasi di Buduran Sidoarjo. Sementara sisanya sebanyak 25.250 ton berasal dari Vietnam, masuk dari pelabuhan Banyuwangi dan disimpan di Banyuwangi.

“Surat ijin Gubernur terkait masuknya beras impor di wilayah Jatim ini sangat jelas bahwa beras ini transito saja. Walaupun di Jatim, beras ini satu kilogram pun tidak akan beredar di sini. Sebagai pengamanan, Gudang akan ditutup dan kuncinya akan dipegang kepolisian,” tegas Fattah Jasin di Sidoarjo, Kamis (1/3/2018).

Lebih lanjut Kepala Dinas Pertanian Premprov Jatim, Hadi Sulistyo mengatakan bahwa tekat Gubernur untuk menjaga beras impor agar tidak merembes di pasar Jatim karena produksi beras di wilayah Jatim sangat besar. Bahkan pada tahun ini, produksinya ditarget bisa mencapai 13,4 juta ton Gabah Kering Giling (GKG) atau 8,7 juta ton setara beras.

“Konsumsi beras masyarakat Jatim hanya sekitar 3,5 juta ton GKG atau sekitar 3,6 juta ton setara beras. Masih ada surplus sekitar 5,1 juta ton beras. Jadi, Jatim tidak akan kekurangan beras,” kata Hadi.

Sementara itu, Tim Satgas Pangan dari Kepolisian Kompol Ernesto Saiser mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengawasan beras impor yang ada di Jatim sejak sebelum masuk gudang. Pengawasan, ujarnya, dimulai sejak masuk palabuhan, saat pembongkaran hingga masuk ke gudang.

“Bahkan sebelum masuk gudang, kami pastikan dulu gudang itu dalam kondisi kosong sehingga beras impor tidak akan tercampur dengan beras dalam negeri. Selanjutnya beras masuk dan kamu kunci. Ada dua gerbang yang dikunci, kunci gerbang pertama d8bawa oleh Bulog dan gerbang kedua atau yang diluar kami yang pegang. Jika Bulog ingin membuka untuk melakukan perawatan pasti akan didampingi oleh kepolisian,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bulog Divisi Regional Jatim Muhammad Hasyim memastikan bahwa beras impor yang masuk Jatim tidak akan mengganggu pengadaan beras. Bulog akan tetap melakukan penyerapan beras petani sesuai perintah pemerintah.

“Tiap hari kami tetap melakukan pembelian beras. Dan sekali lagi kami tegaskan bahwa beras impor ini tidak akan mengganggu beras petani. Kami hanya akan mendistribusikan beras impor ini sesuai perintah Menteri Perdagangan dan pasti akan terkendali. Jangan ada anggapan bahwa beras ini akan merembes ke pasar Jatim karena pengawasan dan pengamanan sangat ketat,” tegasnya.

Dan sampai saat ini, total realisasi pengadaan neras gabah petani oleh Bulog Jatim telah mencapai 21.000 ton. Dalam setiap hari, rata-rata pengadaan beras gabah dari petani saat ini mencapai 1.000 ton per hari. Volume tersebut diperkirakan akan semakin besar seiring dengan semakin banyaknya daerah yang memasuki musim panen. “Harapan kami, target pengadaan satu juta ton beras di tahun ini bakal tercapai,” pungkasnya. (dit)