Kapolda Jatim Temui Gus Solah, Bahas Soal Ini

0
BERBINCANG: Pengasuh PP Tebuireng Jombang KH Shalahudin Wahid alias Gus Solah (kiri) berdiskusi dengan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin di kediaman Gus Solah.(Foto: Sutono/kadenews.com)
JOMBANG-kadenews.com: Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengunjungi Pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang, KH SHalahuddin Wahid (Gus Solah), di kediamannya, ponpes setempat, Sabtu (17/2/2018).
Keduanya membahas seputar ketertiban dan keamanan di Jawa Timur, terutama menjelang, selama dan setelah pilkada serentak 2018.
Machfud yang menuju Jombang menumpang helikopter, tiba di kediaman Gus Solah diiiringi Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto. Rombongan kapolda disambut langsung Gus Solah. Selanjutnya, keduanya menuju ruang tamu rumah Gus Solah.
Kedua tokoh, Gus Solah dan Kapolda Machfud Arifn lantas terlibat diskusi, meskipun tak berlangsung lama, hanya sekitar 30 menit. Sekitar pukul 10.20 WIB, Machfud sudah keluar dari kediaman Gus Solah.
“Kami diskusi hanya kecil, tentang keamanan, tentang pemahaman Islam kira-kira begitu. Mudah-mudahan Islam yang sejuklah,” kata Machfud dicegat awak media sebelum meninggalkan kediaman Gus Solah.
Melalui sosok Gus Solah yang dikenal sebagai tokoh pluralisme di Indonesia, Machfud berharap cucu Pendiri NU KH Hasyim Asyari ini membantu pemerintah menjaga keutuhan NKRI.
“Gus Solah itu tokoh besar, bukan hanya lingkup Jawa Timur, tapi bisa masuk ke mana-mana secara nasional. Kami tentu berharap beliau mengajak ke arah yang lebih baik untuk menjaga NKRI,” tandasnya.(ono/01)