Panwaskab Jombang Deklarasi Tolak Money Politics di Bawah Bendera Demokrat

0
DEKLARASI - Suasanan saat deklarasi 'Tolak Politik Uang dan Tolak Politisasi SARA' di Bundaran Ringin Contong yang dipenuhi bendera Partai Demokrat.(foto: sutono)

JOMBANG – kadenews.com Panwaskab Jombang menggelar deklarasi ‘Tolak Politik Uang dan Politisasi SARA’, di Taman Bundaran Ringin Contong, Jombang, Rabu (14/2/2018).

Dalam kegiatan tersebut hadir tokoh masyarakat, komisioner KPU, pengurus parpol, dan tim sukses cabup-cawabup.

Namun ada pemandangan ganjil, karena penandatangan deklarasi itu justru dilakukan di Taman Ringin Contong, yang dipenuhi bendera berlambang Partai Demokrat.

Sehingga praktis penandatanganan dukungan oleh para ‘stake holders’ berada persis di bawah bendera bergambar bintang mercy tersebut.

Ketua Panwaskab Jombang Nur Khasanuri berkilah, soal banyaknya bendera Partai Demokrat di lokasi deklarasi merupakan ketidaksengajaan.

“Seharusnya memang sudah steril dari bendera parpol. Dan itu merupakan wewenang Satpol PP untuk menertibkan,” ujar Nur Khasanuri di lokasi acara.

Khasanuri mengatakan, adanya bendera parpol yang terpasang di bundaran Ringin Contong itu bukan dalam rangka Pilkada. Akan tetapi, dalam rangka sosialisasi pemilu legislatif. Sehingga menurut Khasanuri, soal penertiban menjadi wewenang Satpol PP.

Sebelum acara penandatanganan, Panwaskab melakukan ikrar bersama tolak politik uang di sebuah rumah makan yang berjarak sekitar 200 meter.

Seluruh pengurus mengucapkan ikrar tersebut. Selanjutnya, seluruh stake holders menuju Bunderan Ringin Contong sembari membawa lembaran banner warna putih.

Papan putih itu lalu diletakkan di pinggir bundaran Ringin Contong, persis di bawah deretan bendera Partai Demokrat. Di atas papan itulah para perwakilan stake holders membubuhkan tanda tangan secara bergantian sebagai dukungan terhadap Panwaskab.(ono)