Yayasan Grojokan Baksos di Gunung Welirang 

0
369
views
 PEDULI LINGKUNGAN: Ratusan masyarakat bersama yayasan Grojokan Sewu melakukan baksos.  (Foto: A. Zainurrifan/kadenews)

PASURUAN – kadenews : Sekitar 500 orang yang tergabung dalam Yayasan  Grojokan Sewu (GS),  Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen peduli dengan lingkungan Gunung Welirang.

Mereka melukukan bakti sosial (baksos) menanam 5.178 pohon seperti beringin, petai, dan lainnya kemarin.

Menurut ketua Yayasan (GS)  Priyo yang didampingi Joko Cahyono wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Gerakan tanam pohon sudah dilakukan 10 tahun yang lalu.

“Komunitas berawal dari keprihatinan Gunung Welirang yang gundul seolah- olah merana. Dampaknya sangat luas terhadap masyarakat,” tutur Joko.

Joko yang juga ketua DPC NasDem Kabupaten Pasuruan menambahkan, dampaknya di antaranya  kekeringan sumber mata air,  tanah longsor dan banjir di daerah bawah.

Berkat kesabaran masyarakat yang saling bekerja sama, impian itu menjadi kenyataan. “Hutannya seperti perawan lagi,  sumber mata airnya besar.  Bahkan airnya disalurkan ke musala dan di gratiskan,” tuturnya.

Bahkan saat ini sudah ada tempat praktik kerja lapangan buat anak anak sekolah SD dan SMP untuk praktik pembibitan , penumbuhan, perawatan juga pemeliharaan.(aza)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here